arrow_upward

Andree Algamar, Pj. Kepala Daerah Pencetak Sejarah di Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 : 20.30


Andree Algamar bersalaman dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi usai dilantik sebagai pj. Wako Padang. (kominfo).


Padang, Analisakini.id-Andree Harmadi Algamar, resmi dilantik oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi sebagai Penjabat (Pj) Walikota Padang, Jumat (17/5/2024). Dengan jabatan baru itu tak hanya mencatatkan Andree sebagai pj. walikota termuda untuk kota besar dan metropolitan se-Indonesia, tapi juga pencetak sejarah.

Andree lahir di Padang, 22 Oktober 1981 dan jabatan pj. Walikota Padang itu dipercayakan kepada sosok anak muda pandai bergaul, berprestasi dan masak berorganisasi ini pada usia 42 tahun 6 bulan, 24 hari. Apalagi amanah yang dipercayakan kepadanya, untuk ibukota provinsi. Tentu saja yang dihadapi nanti sangat dinamis. Multikompleks ketimbang kota-kota lain yang tidak menjadi ibukota provinsi.

Tapi jam terbang dan bekal yang dimiliki Andree tentu menjadi modal baginya untuk menjalankan roda pemerintahan di Pemko Padang. Jabatan Sekdako Padang yang diembannya sejak 13 Juni 2022 adalah salah satu bukti kepiawaian Andree Algamar dalam melakoni tugas. Ia totalitas membantu kepemimpinan Walikota Padang Hendri Septa. Begitu juga saat kursi Wawako Padang resmi diisi Ekos Albar, Mei 2023. Andree melakoni tugas dengan baik. Mampu dan teruji dalam mengelola OPD di Pemko Padang.

Diangkatnya Andree Algamar,  justru melahirkan sejarah baru di republik ini. Andree lah satu-satunya kepala daerah yang komplit. Muda usia, miliki lima gelar akademik yaitu Dr., S.STP, SH, M.Si dan M.Han dan aktif di banyak organisasi. Mayoritas jadi Ketua yang sangat menuntut adanya jiwa leadership (kepemimpinan).

Selama berkarir sebagai ASN, Andree tidak saja sekadar menjalani, tapi diikuti dengan melahirkan berbagai inovasi dan terobosan selama menjabat.

Saat dipercaya menjadi Lurah Kampung Pondok, Padang Barat, suami dari dr. Putri Sari Ivanny, Sp.T.H.K.L ini mengharumkan nama Sumatera Barat di pentas nasional. Dia sukses meraih juara pertama lurah berprestasi pada 2010. 

Begitu juga saat dipercaya menjadi Camat Lubuk Kilangan, Andree bergelar Datuak Sangguno Dirajo ini, juga pernah meraih Camat Teladan Kota Padang. Lalu dua kali berturut-turut Satpol PP Padang menjadi terbaik se-Sumbar saat Andree dipercaya memimpin OPD pengawal Perda ini.

Prestasi yang diraih terus mengiringi Andree saat dipercaya menjadi Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang. Tercatat, Juara 1 Lomba Pasar Rakyat tahun 2021, Pasar SNI pada 2021 dan sebagai Daerah Tertib Ukur Tingkat Nasional 2021.

Selama menjadi pejabat pemko Padang itu mulai lurah hingga Sekdako, Andree memang dikenal tegas. Dia tidak ingin jajarannya saat diberi tugas, berleha-leha. Bagi Andree disiplin adalah harga mati.

Di organisasi, cukup banyak dipercayakan kepada Andree.
Pengalaman di sini memperlihatkan Andree juga seorang organisatoris. Matang berorganisasi. Ketua KNPI Padang pernah, Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Padang juga.

Di LKAAM Sumbar kini tercatat sebagai bendahara umum. Sebelumnya pengurus inti di LKAAM Padang. Ketua Kwarcab Pramuka Padang. Ketua ORARI Padang. Ketua umum masjid Agung Nurul Iman.

Kemudian Ketua Asosiasi Sepeda Rekreasi Indonesia (ASRI), Padang, Manajer PSP U-13, Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sumbar dan lainnya. Seabrek organisasi, baik sosial, kemasyarakatan, olahraga, keagamaan dan lainnya telah mengasah Andree menjadi ulet, gigih dan leadershipnya terukur.

Matang di pemerintahan dan di berbagai organisasi serta memiliki prestasi segudang,  tidak membuat Andree busung dada. Angkuh dan tinggi hati. Dia justru diterima oleh semua kalangan, karena kesantunan dan tipikalnya yang mudah bergaul. Dan diyakini banyak pihak, Andree sukses mengemban amanah sebagai pj. Wako Padang.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi  saat pelantikan juga bilang begitu. Mahyeldi percaya Andree Algamar akan mampu menjalankan tugasnya sebagai Pj Walikota Padang karena meski usianya masih muda, tapi dia adalah pejabat berprestasi dan pekerja keras.

"Usianya masih tergolong muda, berprestasi dalam birokrat dan organisasi. Semoga bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.  Terutama sesuai program prioritas pemerintah pusat, yaitu menangani masalah inflasi dan stunting," kata Mahyeldi.

Andree Algamar mengaku siap menjalankan tugas sesuai dengan perintah Mendagri yang disampaikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Diantaranya, menjalankan roda pemerintahan secara umum, memfasilitasi Pilkada, netralitas ASN, serta ditambah dengan inflasi dan stunting.

"Insya Allah bersama-sama dengan Forkopimda,  seluruh OPD kita akan mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk melaksanakan tugas tersebut. Pelayanan publik juga jadi perhatian kita semua, tentu ini butuh dukungan dari kawan-kawan semua," katanya didampingi sang istri Ny. Vanny Andree Algamar.

Lebih lanjut, Andree Algamar mengaku siap menerima masukan dari semua pihak untuk memastikan pemerintahan Kota Padang dapat berjalan maksimal di masa transisi jelang kembali terpilihnya Walikota defenitif baru.

"Tugas saya adalah mengantarkan sampai setelah pelantikan (Wali Kota defenitif)," ujarnya.

Okelah. Selamat bertugas Pak Pj. Wako Padang. Semoga sukses selalu mengiringi. Aamiin. (Effendi)





Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved