arrow_upward

Petugas Damkar Semprot Sedimen Banjir Lahar Dingin Marapi di Bukik Batabuah

Rabu, 24 April 2024 : 17.29

 

 

Petugas Damkar Agam Posko Biaro Kecamatan Canduang, membantu warga pemilik warung menyemprot material sedimen pasca banjir  lahar dingin Marapi di tepi ruas jalan Negara di Jorong Kubang Duo Koto Panjang Nagari Bukik Batabuah Canduang. (kasnadi np)

 

AGAM, ANALISAKINI.ID--Pemerintah Kabupaten Agam melalui Satuan Pol PP dan Damkar Agam melakukan pembersihan sisa sedimen material pasca banjir lahar dingin Marapi, yang menimpa warga Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam.

Pembersihan sedimen material pasir pasca banjir lahar dingin Jumat 5 April 2024 lalu itu tidak saja merusak rumah dan warung di pinggir ruas jalan Simpang Bukik - Lasi Kecamatan Canduang, tapi juga lahan pertanian sawah serta kolam ikan tertimbun material pasir. Masyarakat pun mengalami kerugian cukup besar akibat peristiwa musibah bencana alam tersebut.

Pemilik Warung Mie Aceh AGS di Kasiak Simpang Bukik, Agus Nardi Tengku  mengatakan, adanya bantuan dari petugas Damkar Kabupaten Agam yang bermarkas di Biaro Kecamatan Ampek Angkek menyemprot material sedimen pasir di warung warga, sangat membantu sekali.

“Saya atas nama masyarakat Bukik Batabuah Kecamatan Canduang selaku pemilik warung mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menerjunkan satu unit mobil Damkar bersama petugas dalam rangka pembersihan sedimen pasir yang menumpuk di dalam warung,” ucap Agus Nardi, Rabu (24/4/2024).

Hal senada dijelaskan Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Canduang Zulhendri. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada petugas Damkar yang telah membantu dalam penyemprotan material sedimen pasca banjir lahar dingin yang menimpa para pedagang di pinggir jalan raya.

Dijelaskannya, kedai atau warung rusak parah disebabkan banjir lahar dingin tersebut mencapai sekitar 45 warung saat ini mereka butuh bantuan terutama bantuan perbaikan warung akibat rusak parah bencana alam banjir lahar dingin di ruas jalan Negara Simpang Bukik- Lasi Kecamatan Canduang.

Meski Posko Tanggap Darurat sudah berakhir Kamis (18/4), terang Zulhendri didampingi Inyiak Garambeh Anggota KSB Nagari Canduang Koto Laweh, namun pihak KSB bersama TKSK tetap memantau kondisi di lapangan terutama di Kecamatan Canduang. (kas)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved