arrow_upward

Nurfirman Wansyah Dorong Masyarakat Kelola Sampah dengan Benar

Rabu, 24 April 2024 : 18.02

 

Anggota DPRD Sumbar, Nurfirman Wansyah bersama peserta saat sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah di Aula RSUD M. Natsir Solok. (ist) 

SOLOK, ANALISAKINI.ID—Pengelolaan sampah tak hanya untuk kebaikan kesehatan tapi juga diharapkan berdampak untuk peningkatan ekonomi. Untuk itu, kelolalah sampah itu dengan benar.

Anggota DPRD Sumbar, Nurfirman Wansyah, mengatakan hal itu saat menggelar sosialisasi Perda Pengelolaan Sampah di Aula RSUD M. Natsir Solok, baru-baru ini. 

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan dua hari, yakni Selasa-Rabu (23-24/4/2024), diikuti sekitar 100 peserta dari berbagai elemen. Selain itu juga dihadiri pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Sumbar dan pejabat pemko setempat.

Saat sosialisasi Perda Nomor 8 Tahun 2018 ini, Nurfirman banyak menyampaikan sejumlah hal terkait perda bersangkutan maupun menerima masukan dari ratusan warga yang hadir.

“Ya, kegiatan ini selain sosialisasi perda sampah juga sebagai ajang untuk menerima masukan dari masyarakat terkait persoalan sampah yang dihadapi saat ini,” kata politisi PKS itu.

Dia berharap, dengan disosialisasikannya Perda tersebut, tentu akan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan, meningkatkan fasilitas pengelolaan sampah, serta mampu menjadikan sampah menjadi sumber daya.

"Makanya, penting perda pengelolaan sampah ini dipahami masyarakat. Dengan harapan akan berdampak pula pada ekonomi masyarakat," katanya.

Selain itu, dia juga mengatakan, dengan tata cara pengolahan sampah yang baik, diharapkan tidak saja akan berdampak untuk peningkatan kesehatan masyarakat namun juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara pengolahan sampah untuk kepentingan banyak hal.

”Artinya, jika sampah diolah dengan cara yang baik, selain akan membantu kesehatan juga akan dapat menghasilkan nilai ekonomis untuk masyarakat,” katanya.

Nurfirman juga menekankan bagaimana pengelolaan sampah merupakan keharusan bagi warga masyarakat, karena bila sampah tidak dikelola dengan baik maka setiap orang per hari akan banyak memberikan tumpukan sampah.

"Untuk itu pulalah kami mendorong masyarakat untuk dapat mengolah sampah dengan benar," ulasnya. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved