arrow_upward

HUT KE-62 DIPERINGATI, Bank Nagari Rencanakan Pertumbuhan Bisnis Rancak 2024

Selasa, 12 Maret 2024 : 15.41

Pjs Dirut Bank Nagari Gusti Candra (paling kiri) bersama jajaran Komisaris Bank Nagari, sejumlah  mantan Dirut dan Komisaris Bank Nagari dan pensiunan dan mitra  usai upacara peringatan HUT ke-62 di halaman Kantor Pusat Bank Nagari di Jalan Pemuda Kota Padang, Selasa (12/3).

Padang, Analisakini.id- Bank Nagari memperigati hari jadinya ke-62, Selasa (12/3/2024). Di  momen bersejarah itu  Bank Nagari mengusung tema “Laju Bersama  Digitalisasi” yang merupakan tekad menghadirkan berbagai inovasi dan  kreativitas.

"Kami menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat dan institusi yang  semakin terbiasa dengan trend “customer experience” melalui  transformasi budaya digital dan transformasi bisnis berorientasi  digital. Bank Nagari ingin dikenal sebagai Bank yang menawarkan Nagari, Pjs. Dirut Bank Nagari Gusti Candra saat bertindak sebagai inspektur  upacara HUT Bank Nagari ke-62 di halaman Kantor Pusat Bank Nagari Jl.  Pemuda No.21, Padang.

Dalam kesempatan itu, Gusti Candra menyempaikan tentang pencapaian  kinerja Bank Nagari Tahun 2023. "Kita telah melalukan exit meeting  dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) dan capaian laba bersih Bank  Nagari pada tahun buku 2023 ini terealisasi sebesar Rp.523,61 miliar  atau bertumbuh 11,11 % dari tahun sebelumnya," katanya.

Aset Bank Nagari, katanya, kian berkembang dan sampai dengan tahun  2023 sudah mencapai Rp.32,07 triliun, atau meningkat 6,55% dari tahun  sebelumnya.

Berbicara tentang kredit, Gusti menyebutkan, posisi kredit dan  pembiayaan yang telah disalurkan mencapai Rp24,03 triliun, atau  tumbuh 6,94% dari tahun sebelumnya. Hal ini juga disokong oleh  Penghimpunan Dana Pihak Ketiga yang posisinya sudah mencapai Rp25,95  triliun, atau meningkat 5,64% dari tahun sebelumnya.


Kinerja Bank Nagari yang baik tercermin dari rasio-rasio keuangan  utamanya, yaitu : Rasio NPL : 1,98 % lebih baik dari tahun sebelumnya  2,21 %, Rasio CAR : 21,68 %, meningkat dari tahun 2022, Return On  Asset (ROA) : 2,21 %, Return On Equity (ROE) : 15,47 %, Net Interest  Margin (NIM) : 6,46 % atau diatas 6%, masih tergolong tinggi  dibandingkan dengan rata-rata NIM BPDSI yang berada di kisaran 5%,  Rasio BOPO : 78,88 % lebih efisien dari tahun sebelumnya 81,45 %, Loan To Deposit Ratio (LDR) : 92,62 %, masih berada dalam rentang  tresshold perbankan.


Bank Nagari, katanya, semakin memperjelas segmentasi bisnisnya untuk  menjadi yang terdepan dalam ekosistem UMKM yang mendominasi pelaku  usaha di Sumbar, dan juga provinsi lainnya. Dari Rp7,7 triliun kredit  dan pembiayaan yang disalurkan, maka sekitar 83,33% adalah  kredit/pembiayaan UMKM. Suatu rasio yang sangat signifikan dalam  menunjukan bagaimana Bank Nagari berperan dalam pengembangan UMKM  yang pada akhirnya akan mendorong UMKM naik kelas, menciptakan  lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta  menjadi salah satu sumber pendapatan daerah.


"Tahun 2023, penyaluran KUR Bank Nagari memcapai Rp 2,02 triliun,  yang terdiri dari KUR Konvensional sebesar Rp1,61 triliun dan KUR  Syariah sebesar Rp408,01 miliar. Bank Nagari juga mampu meningkatkan  akses UMKM kepada skema selain  KUR  seperti  Kredit  Peduli  Usaha   Mikro  (KPUM), Pembiayaan Peduli Usaha Mikro (PPUM) dan lainnya, yang penyalurannya  mencapai diatas Rp400 miliar.


"Bank Nagari juga semakin serius dan mendalami sumber pertumbuhan  baru melalui skema kredit dan pembiayaan kepada properti. Tahun 2023,  penyaluran KPR Program yaitu KPR-FLPP mencapai 909 Unit dengan nilai  Rp131,98 miliar. Bank Nagari juga semakin mengambangkan produk dan  kapasitas SDM untuk bermain di segmen rumah komersial melalui skim  KPR-MG (Konven) dan Nagari Griya Madani (Syariah)," jelasnya.


Pjs Dirut juga menjelaskan, produk dan layanan berbasis digital Bank  Nagari terus dikembangkan dan semakin diminati nasabah. Hal ini  tercermin dari jumlah user yang semakin meningkat pada produk dan  layanan Nagari Mobile Banking, Nagari Cash Management, Nagari Portal  Payment, Nagari SMS Banking, SMS Notifikasi, Nagari Auto Debet.


Layanan tanpa kantor Bank Nagari yaitu Laku Pandai yang dikenal  dengan nama “Lapau Nagari” telah memiliki agen sebanyak 3.640 agen.  Merchant QRIS Bank Nagari pada tahun 2023 mencapai 36.840 merchant,  dengan outlet QRIS mencapai38.000 merchant.


Pada tanggal 9 Juni 2023, katanya, Bank Nagari juga telah meluncurkan  layanan Terminal Perbankan Elektronik (TPE) berupa mesin Self Service  Bank Nagari yang dapat digunakan sebagai pengganti Customer Service,  sehingga nasabah hanya perlu membawa KTP dan dokumen pendukung  lainnya untuk pembuatan rekening dan pergantian kartu ATM tanpa perlu  mengantri.


Kemudian tahun 2023 tersebut Bank Nagari juga mengembangkan Mobile  Banking dengan konsep Super Apps yang diberi nama “Ollin by Nagari”.  Super Apps Ollin by Nagari ini telah diperbandingkan dengan berbagai  Super Apps dari Bank-Bank papan atas, dan Ollin by Nagari sudah diuji  tidak kalah cepat serta tidak kalah handalnya, bahkan banyak nasabah  yang mengatakan bahwa Ollin by Nagari lebih lebih keren dan lebih  user friendly. Saat ini Ollin by Nagari belum dilakukan Grand  Launching karena terus dilakukan persiapan yang matang, namun pada  periode soft launching ini pengguna Ollin telah mencapai 62.000 user.


Gusti juga  menyampaikan secara ringkas pencapaiaan kinerja Unit  Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari sampai dengan dengan Tahun 2023

Aset UUS ini mencapai Rp.4,42 triliun atau tumbuh 34,59% year on year  dengan Market Share aset terhadap perbankan syariah Sumbar sebesar  38,98%.


"Pembiayaan syariah sebesar Rp.3,41 triliun, meningkat Rp.937,82  miliar atau tumbuh 38,00% year on year, Adapun DPK mencapai Rp 3,71  triliun atau tumbuh 21,36% year on year.


Kerja keras dan kinerja yang baik selama tahun 2023, sebut Gusti  memberikan berkah kepada Bank Nagari dengan menerima banyak sekali  penghargaan bergengsi, antara lain The Best BPD kategori TOP BUMD  2023 yang diselenggarakan oleh InfoBank, Badan Usaha Terbaik kategori  Perusahaan Skala Besar Sektor Keuangan, Perdangangan & jasa dalam  ajang Paritrana Award 2022 yang diselenggarakan oleh BPJS  Ketenagakerjaan, Golden Trophy Excellent Performance in 5 Consecutive  Years dengan predikat Kinerja Sangat Bagus dalam ajang 28th Infobank  Banking Apreciation 2023, UUS Terkontributif pada ajang Indonesia  Sharia Economic Festival (ISEF) Award tahun 2023 yang diselenggarakan  oleh Bank Indonesia, The Finance Award The Finance Award 2023  Kategori Aset Rp25 triliun s.d < 50 triliun pada ajang Top 20  Financial Institution Award 2023, Bank Umum Terbaik sebagai Pelaksana  Kegiatan Literasi dengan Peserta Terbanyak yang diselenggarakan oleh  OJK Sumbar, Bank Umum Terbaik sebagai Pelaksana Kegiatan Inklusi  dengan Pembukaan Rekening Terbanyak yang diselenggarakan oleh OJK  Sumbar, The Best of The Best Financial Performance Sharia Business  Unit pada Sharia Business Unit pada Sharia Award 2023 yang  diselenggarakan oleh Infobank, Excellent Financial Performance  Sharia Business Unit pada Sharia Award 2023 yang diselenggarakan oleh  Infobank, The Best Financial Performance Sharia Business Unit untuk  Kategori Asset Class IDR 2.5 triliun to < 5 triliun yang  diselenggarakan oleh Infobank, The 3rd Best KBMI 1 Kategori Bank  Konvensional dengan Modal Inti s.d Rp 6 triliun yang diselenggarakan  oleh Infobank, BPD Syariah terbaik pada Republika Group Award Tahun  2023, Top DigitalL Implementation 2023 Level Stars 5 Bank Nagari yang  diselenggarakan oleh IT Work.


Untuk tahun 2024 ini, katanya, Bank Nagari merencanakan pertumbuhan  bisnis yang rancak dengan resume: asset diproyeksikan naik 8,26% atau  Rp2,65 triliun menjadi Rp34,72 triliun, DPK diproyeksikan naik 8,67%  atau Rp2,25 triliun menjadi Rp28,20 triliun, kredit/pembiayaan  diproyeksikan naik 9,09% atau Rp2,18 triliun menjadi Rp26,22 triliun,  laba bersih diproyeksikan naik 3,29% atau Rp17,69 miliar menjadi  Rp555,30 miliar.


Untuk mewujudkan target tersebut, telah disiapkan sejumlah kebijakan  dan strategi yang menitikberatkan dan berfokus kepada penguatan dan  implementasi nilai - nilai yang terkandung dalam budaya kerja “  IMSTAR” sehingga  mampu  menjadi  SDM  yang  Inovatif, Ber Mutu,   Sinergi,  Tangguh,  Amanah  dan  Religius untuk melakukan   tranformasi bisnis yang berkelanjutan.


Di kesempatan ini, pihaknya juga menyampaikan  apresiasi kepada  pegawai yang menerima penghargaan pengabdian masa kerja serta Kantor  Cabang dan beberapa kategori yang mendapatkan penghargaan atas  kinerja tahun 2023. (*)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved