arrow_upward

SURVEI TERBARU, Unggul di Padang, Dean Asli Chaidir Berpeluang Besar Menembus DPR RI

Minggu, 04 Februari 2024 : 19.07
H. Dean Asli Chaidir, S.IP

Padang, Analisakini.id-Tokoh muda PAN asal Kota Padang, H. Dean Asli Chaidir, S.IP, berpeluang besar menembus DPR RI dari Dapil Sumbar 1. 

Hal itu terlihat dari hasil survei terbaru. Dari puluhan caleg untuk DPR RI dari Dapil Sumbar, elektabilitas Dean Asli Chaidir ungguli caleg lain di Kota Padang.

Anak kelima dari politisi senior Sumatera Barat H. Mhd Asli Chaidir ini, menjadi yang teratas dalam survei yang dilakukan oleh Mata Institute periode 15-18 Januari 2024.

Direktur Eksekutif Mata Institute Muhammad Taufik mengatakan, sepintas hasil survei tersebut mengejutkan, tapi itulah kenyataannya. Dengan kata lain, Dean menjadi pembicaraan publik di Kota Padang.

Gencarnya pengusaha muda ini turun ke lapangan dan terus bersosialisasi kepada masyarakat, adalah nilai plus yang dimiliki Dean. Apalagi dari aspek cara berbicara (speaking), wawasan dan casing (wajah) mendukung pula. 

Kemudian jumlah pemilih di Padang cukup banyak. Selisihnya juga cukup besar dengan kabupaten/kota lain di Dapil 1 Sumbar yang terdiri dari Padang, Pesisir Selatan, Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Kota Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Tanah Datar, Sijunjung, Dharmasrata dan Kepulauan Mentawai.

"Dan tidak kalah pentingnya, basis sang ayah Asli Chaidir yang menjadi Anggota DPR RI sejak 2014 sampai sekarang, terus dijaga dan dipelihara oleh Dean disamping ekspansi ke elemen lain, kaum milenial yang Dean sendiri termasuk generasi ini," kata Taufik.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang ini menjelaskan, survei tersebut dilakukan di Kota Padang, menggunakan metode multistage random sampling kepada 1.200 orang yang tersebar di 104 kelurahan di Padang. 'Margin of error sebesar 2,8 persen," tambahnya.

Dean Asli Chaidir memimpin tingkat elektabilitas tertutup dengan 19,8 persen, disusul oleh pentolan Gerindra Andre Rosiade di angka 14,1 persen, dan dari PDIP, Alex Indra Lukman melengkapi posisi tiga besar dengan tingkat elektabilitas 6,8 persen, lalu Rahmat Saleh 4,4 persen.

Salah satu yang menarik dari survey Mata Institute ini adalah jebloknya tingkat elektabilitas srikandi PAN yang merupakan incumbent DPR RI, Athari Gauti Ardi, yang hanya memiliki 1,5 persen.

Sementara untuk Pilpres, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendominasi tingkat elektabilitas di Sumatera Barat dengan angka 55,5%, disusul Prabowo-Gibran dengan 30,6% dan Ganjar-Mahfud berada di 3,3% saja.

Menarik ditunggu bagaimana hasil Pilpres dan Pileg 2024 ini. Terkhusus dalam Pileg mengingat nama-nama besar Sumatera Barat yang ikut bertarung.

“Namun setidaknya, sebagai “pemain baru”, Dean Asli Chaidir sudah membuktikan bisa merebut hati para pemilih di Dapil Sumbar 1,”ungkap Muhammad Taufik. (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved