arrow_upward

Hasil Hitung Sementara DPD RI Sumbar: Suara Cerint Iralloza Ungguli Tiga Petahana

Kamis, 15 Februari 2024 : 19.30

 


Padang, Analisakini.id-Cerint Iralloza Tasya hingga pukul 19.01 WIB, Kamis (15/2/2024), memperoleh suara 45.417 atau 13,57 persen, dari 6052 TPS atau 34,45 persen TPS dari total 17.569 TPS di Sumatera Barat. 

Raihan sementara ini, dokter muda ini mengungguli kandidat lainnya, termasuk tiga petahana, Emma Yohanna, Muslim Yatim dan Leonardy Harmainy.

Raihan ini berdasarkan sistem penghitungan (rekapitulasi) suara resmi KPU yang bisa diakses di pemilu2024.kpu.go.id, 

Sementara di peringkat kedua klasemen Pemilu DPD 2024 Sumatera Barat adalah petahana Emma Yohana. Ia memperoleh 39.255 suara atau 11,73 persen. Peringkat ketiga digenggam oleh ulama kharismatik Sumatera Barat, Jelita Donal dengan raihan 34.878 suara atau 10,42 persen.

Sedangkan peringkat empat atas nama petahana, Muslim Yatim. Ia mendapatkan 31.377 suara atau 9.38 persen. 

Dalam pemilihan DPD ini, hanya tersedia 4 kursi untuk menjadi 'senator' Sumbar di Senayan. Perolehan suara pastinya akan terus berkembang karena penghitungan masih berjalan.

Di luar empat nama di atas, Abdul Aziz, Nurkhalis, Desrio Putra, Yuri Hadiah dan Hendra Irwan Rahim berpotensi mengejar.

Celint yang berada di puncak klasemen sementara, diketahui berprofesi sebagai dokter. Pada profil di laman Instagramnya https://www.instagram.com/cerinttasya/, jargon kampanyenya adalah 'Dokter Muda for DPD RI 2024.

Dia juga anak dari anggota DPRD Sumbar Imral Adenansi yang juga pengusaha cukup ternama di Pesisir Selatan. Politisi PPP ini kembali bertarung merebut kursi DPRD Sumbar dari Dapil VIII (Pesisir Selatan dan Mentawai).

Di PPP, Imral adalah 'anak buah' Hariadi, Ketua DPW PPP Sumbar yang untuk ketiga kalinya bertarung menuju DPR dari Dapil Sumbar 2. 

Jadi, sang ketua partai berlambang Ka'bah ini berjuang dan tentu juga mengerahkan kadernya untuk mendukung istrinya, Emma Yohanna di DPD RI.

Di lain pihaknya, sang 'anak buah' di PPP, Imral Adenansi berjuang pula menyukseskan anaknya, Cerint menembus kursi DPD RI. Dan hasil sementara, Cerint sukses mengungguli istri 'bos' ayahnya di DPD RI. (*)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved