arrow_upward

Jadi Pembina Upacara, Ketua DPRD Sumbar: Optimislah Melangkah, Teladani Tokoh Bangsa

Senin, 29 Januari 2024 : 17.31

 

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh, Senin (29/01/2024). (ist)

 

PAYAKUMBUH, ANALISAKINI.ID—Ketua DPRD Sumbar, Supardi, pada berbagai kesempatan, terus memotivasi para generasi muda untuk melangkah optimis, menanamkan nilai-nilai cinta tanah air, dan meneladani tokoh-tokoh bangsa, termasuk yang berasal dari Sumatera Barat tentunya.

Betapa tidak, sebut politisi Gerindra ini, banyak tokoh-tokoh Minangkabau telah berkontribusi dalam kemerdekaan Republik Indonesia ini.

“Untuk itu, nilai-nilai cinta tanah air, harus disematkan kepada generasi muda, agar Sumbar terus melahirkan tokoh-tokoh potensial di masa depan,” tegas Supardi saat menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Kota Payakumbuh, Senin (29/01/2024).

Menurut Supardi, masyarakat Minangkabau sejak dulu terkenal sebagai daerah penghasil orang-orang cerdas. Ini dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh kemerdekaan asal Sumbar. Di antaranya ada Perdana Menteri pertama Indonesia, Muhammad Natsir yang merupakan seorang ahli diplomasi. Selain itu, ada pula Agus Salim hingga Wakil Presiden Indonesia pertama yakni Mohammad Hatta. 

"Untuk itu, contohlah peran tokoh-tokoh Minangkabau dalam memerdekakan Indonesia dengan menjadi generasi muda yang terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi untuk kemajuan daerah," katanya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mnyinggung seputar infrastruktur yang ada di sejumlah sekolah, kiranya masih kurang dan harus dilengkapi. Lalu, soal masih lemahnya literasi, pun juga menjadi persoalan di dunia pendidikan Sumbar saat ini.

Namun demikian, katanya, sekalipun dalam keterbatasan dan masih banyak persoalan, tetaplah melangkah optimis untuk menjadi siswa yang berprestasi.

Bagaimanapun, Supardi, sebagai wakil rakyat, mengaku akan terus berupaya untuk memajukan SDM dan pendidikan di ranah Minang ini.

Salah satunya, dalam upaya memajukan daerah untuk melahirkan generasi emas di masa depan, Supardi telah menggagas program tes minat bakat untuk siswa SMA Negeri dan Swasta se-Kota Payakumbuh. Dimana dalam tes minat bakat tersebut terdapat 2 siswa yang memiliki IQ superior, selebihnya masih rata-rata.

Dalam kesempatan tersebut, Supardi didampingi Kepala SMAN 1 Payakumbuh, Erwin Satria, pun menyerahkan sertifikat tes minat bakat dimaksud. (n-r)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved