arrow_upward

Bertemu ASN Purna Tugas, Ketua DPRD Sumbar Minta Peningkatan Kecerdasan Generasi Muda

Minggu, 07 Januari 2024 : 21.51

 

Pertemuan ASN purna tugas se-Luhak Limapuluh Kota bersama Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Minggu (07/01/2024). (ist)


PAYAKUMBUH, ANALISAKINI.ID—Ketua DPRD Sumbar Supardi, saat menggelar pertemuan dengan ASN purna tugas se-Luhak Limapuluh Kota, Minggu (7/1/2024), bahas sejumlah isu strategis. Salah satunya adalah terkait upaya peningkatan kecerdasan generasi muda.

"Terima kasih untuk para purna tugas karena terus memberikan gagasan-gagasan strategis untuk pembangunan daerah. Namun ada hal yang harus menjadi perhatian pada saat sekarang yaitu peningkatan kecerdasan generasi muda," kata Supardi dalam pertemuan yang dilangsungkan di Agamjua Cafe, Payakumbuh.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah memprogramkan untuk diadakannya tes intelegensi di seluruh SMA di Kota Payakumbuh.

"Tes itu khusus untuk anak kelas satu dan dua. Tes tersebut dilakukan oleh lembaga resmi dan hasilnya cukup mengejutkan. Artinya, pemerintah perlu mengupayakan lagi untuk peningkatan kecerdasan generasi muda," ujar politisi Gerindra itu.

Supardi menilai, dengan kondisi tingkat kecerdasan generasi muda saat ini masih rendah. Tentu ini menjadi kekhawatiran semua pihak.

"Sumbar yang terkenal dengan gudang para pemikir, namun dalam tes intelegensi generasi mudanya tidak memuaskan secara hasil. Di sisi lain ada hal yang menggembirakan pada tes minat dan bakat, dimana anak-anak SD di Kota Payakumbuh memiliki potensi yang bisa melampaui persentase nasional dalam bidang olahraga," ulasnya.

Dia mendorong agar Sumbar memiliki daya saing dengan provinsi-provinsi lain. Hanya saja, jika tidak ada upaya strategis maka bisa jadi Jambi dan Bengkulu di atas Sumbar nantinya. 

"Untuk memajukan Sumbar butuh komitmen semua pihak, dan tidak hanya pemerintah daerah. Para purna tugas diharapkan bisa memberikan gagasan dan kontribusi untuk pembangunan daerah sehingga persoalan di daerah bisa diantisipasi dan diatasi," pungkasnya. (n-r-t)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved