arrow_upward

Arkadius Dapat Masukan Berharga dari Masyarakat Sejumlah Nagari di Tanah Datar

Rabu, 31 Januari 2024 : 12.37

 

 Anggota DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano saat menemui masyarakat pada salah satu nagari di Tanah Datar dalam rangka reses masa persidangan kedua 2023/2024. (ist)


TANAH DATAR, ANALISAKINI.ID—Sebagai wakil rakyat, sudah menjadi kewajiban untuk menampung berbagai aspirasi ketika jumpa masyarakat. Kontan, akan banyak keluhan hingga harapan yang tertumpang untuk diperjuangkan, sesuai tugas pokok dan fungsi seorang anggota legislatif itu sendiri.

Itu pulalah yang dirasakan Anggota DPRD Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano, saat melaksanakan reses perseorangan masa persidangan kedua 2023/2024 di sejumlah nagari di Kabupaten Tanah Datar, pada 24-31 Januari 2024 lalu. Adapun sejumlah kawasan yang dikunjungi di antaranya, Nagari Padang Laweh, Nagari Pagaruyung dan Nagari Tanjung Alam.

Saat reses ini, Arkadius menampung sejumlah persoalan yang menjadi aspirasi masyarakat Tanah Datar. Akan halnya tentang infrastruktur jalan, jembatan, irigasi sawah, kesehatan, sarana pendidikan, bantuan sosial dan bantuan usaha.

“Ya, kita dapat masukan berharga dari beragam aspirasi, usulan dan masukan yang disampaikan elemen masyarakat  berbagai nagari. Semuanya menjadi catatan untuk ditindaklanjuti. Ini, demi untuk masyarakat yang lebih baik tentunya,” kata Arkadius, Rabu (31/1/2024).

Menurut Arkadius, aspirasi, usulan dan masukan masyarakat memang mestu didengar oleh anggota dewan karena sudah menjadi tugas sebagai wakil rakyat.

Ia mengatakan,  reses merupakan agenda rutin anggota dewan dalam rangka mendengarkan aspirasi, usulan dan masukan masyarakat di daerah pemilihan. Aspirasi, usulan dan masukan tadi, lanjut Arkadius, harus direspon anggota dewan dengan cara mencarikan solusi sesuai aturan dan mekanisme yang ada.

“Aspirasi, usulan, saran dan masukan itu kita tampung dan nanti kita carikan solusinya, kita bahas di DPRD bersama stakeholder dan OPD terkait,” sebut Anggota DPRD dari Fraksi Demokrat tersebut.



Seperti diketahui, akan halnya saat reses reses, Senin (29/01/2024) di Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Arkadius disambut sejumlah tokoh masyarakat setempat. Hadir  dari pihak kecamatan, Wali Nagari Tanjung Alam Kardiman Dt Simarajo Nan Kayo, kepala UPT pertanian dan masyarakat lainnya.

Wali Nagari Kardiman mengaku sangat mendukung kegiatan reses tersebut karena dengan adanya kegiatan tersebut akan bisa membantu masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya untuk disampaikan kepada pemerintah daerah.

Sebelumnya, Sabtu (27/01/2024) di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Arkadius meminta kepada masyarakat yang hadir untuk memaksimalkan penggunaan setiap bantuan. Baik itu bantuan dari DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. “Bantuan yang kami berikan kepada masyarakat, syaratnya harus melalui kelompok bukan perorangan. Silahkan ajukan proposal atas nama kelompok untuk pengadaan bantuan baik itu berupa sapi, kambing, itik atau ikan ataupun kegiatan menjahit, dan lainnya,” sebut  Anggota Komisi I DPRD Sumbar tersebut.

Yang jelas, saat reses dimaksud, Arkadius mendapat sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat. (n-r)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved