arrow_upward

DUA MENTERI HADIRI ACARA PUNCAK HARKOPNAS, Peringatan Harkopnas di Sumbar Momentum Tumbuhkembangkan Koperasi

Senin, 17 Juli 2023 : 19.02

 

Hendra Irwan Rahim.

Padang, Analisakini.id-Peringatan hari koperasi tingkat nasional (Harkopnas) yang dipusatkan di Sumatera Barat (Sumbar), menjadi momentum untuk menumbuhkembangkan koperasi dan UMKM. Soalnya, di tanah Minang inilah Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta dilahirkan.

"Semua insan perkoperasian dan UMKM, bertekad untuk berkembang dan naik kelas. Sebab majunya koperasi dan UMKM berarti perekonomian masyarakat. Bung Hatta pun tersenyum. Karena itu benar yang dicita-citakan Bung Hatta, " kata Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim kepada Singgalang kemarin di Padang.

Dan yang membuat Harkopnas bergengsi dan bernilai di kampung asal Bapak Koperasi Indonesia adalah akan hadirnya dua menteri sekaligus, yaitu Menko Perekonomian RI Airlanggar Hartarto dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

"Komunitas dan insan koperasi se-Sumbar merasa bahagia dan bangga, karena adanya perhatian dari pemerintah pusat," sebut Hendra Irwan Rahim.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Endrizal usai rapat persiapan peringatan Harkopnas bersama jajaran Dekopinwil Sumbar, belum lama ini juga membenarkan kehadiran dua menteri tersebut. Bahkan dirinya ikut mendampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi saat menghadap Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto terkait Harkopnas di Sumbar.

Menurutnya, Gubernur Mahyeldi berharap peringatan Harkopnas di Sumbar memberikan dampak multiplier efect kepada koperasi dan UKM. Apalagi saat ini, Pemprov Sumbar sedang giat-giatnya memajukan sekaligus mengembangkan koperasi dan UKM, termasuk dalam meningkatkan kapasitas pengelola, marketing dan penguasan informasi teknologi seiring tuntutan zaman.

Ditambahkan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, puncak Harkopnas dilaksanakan di GOR UNP pada Minggu (23/7). Selain dihadiri dua menteri juga hadir Gubernur Sumbar dan gubernur se-Indonesia, Bupati/walikota se-Indonesia, Dekopinwil dan Dekompinda se-Indonesia serta gerakan koperasi se-Indonesia.

"Sudah ribuan orang dari seluruh Indonesia hadir di Sumbar. Angka pastinya belum ada karena masih terus bertambah. Hadir di Sumbar, ingin melihat, merenungi dan meninjau kampung halaman Bapak Koperasi Indonesia di momen Harkopnas. Juga berharap, dengan hadir beramai-ramai di Sumbar, Bung Hatta tersenyum,"terang Hendra didampingi Sekretaris Dekopinwil Sumbar Syafrizal.

Selain acara puncak, rangkaian peringatan Harkopnas juga diisi dengan kegiatan gerak jalan sehat pada Sabtu (22/7) pukul 06.00 di Halaman Kantor Gubernur.

Ketua pelaksana Jalan Santai, Yunisman menjelaskan, gerak jalan sehat didahului dengan senam massal yang dihadiri dua menteri dan gubernur Sumbar. Menariknya, bagi peserta disediakan hadiah menarik yaitu sepeda motor 8 unit, kulkas, mesin cuci, kompos gas, megicom, kipas angain dan lainnya melalui kupon.

"Datanglah beramai-ramai. Badan sehat, doorprize dengan hadiah menarik menanti sekaligus mengebyarkan koperasi dan UKM d seluruh pelosok. Ini adalah bagian iktikad kita untuk menggaungkan koperasi dan UKM di tanah kelahiran Bapak Koperasi Indonesia. (*/do)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved