arrow_upward

Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Minta Gubernur Serius Urus Anak

Selasa, 06 Juni 2023 : 22.52

 

Muhayatul.

Padang, Analisakini.id-Ketua Fraksi PAN DPRD Sumbar Muhayatul meminta Gubernur serius dan fokus urus anak. Soalnya belakangan kerap terjadi kasus yang menimpa anak mulai pelecahan hingga tindakan amoral lainnya.

"Ini tidak bisa dianggap remeh. Menjadi masalah serius bagi Sumatera Barat yang dikenal sebagai daerah dengan filosofi Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) dan tanah Minang yang dikenal sebagai daerah layak anak," sebut Muhayatul.

Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar ini menyebutkan, berbagai peristiwa yang menimpa anak di tanah Minang seperti berita pelecehan anak di Lumpo Pesisir Selatan, lalu dikagetkan pula dengan kasus sekitar 20 anak-anak diduga menjadi korban pencabulan yang dilakukan oleh ME (39) di Kabupaten Tanah Datar dan berbagai kasus lainnya adalah potret buram daerah ini yang tidak serius urus anak.

"Terus terang, rentetan peristiwa pilu itu mencoreng nama Sumbar. Misi Pemprov Sumbar yang salah satunya adalah meningkatkan tatanan kehidupan yang harmonis, agamais, beradat dan berbudaya berdasarkan falsafah ABS-SBK, benar-benar ternoda. Misi tinggal misi. Tidak tergambar dalam keseharian," sebutnya.

Untuk itu, tidak ada alasan lagi, Gubernur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak harus lebih konsen, serius dan fokus urus anak. Tidak bisa dianggap sebelah mata, setelah beberapa peristiwa hitam menimpa anak kemanakan di ranah Minang. Harus total dan sinergis dengan berbagai pihak mengurusnya.

Bahkan dalam beberapa kali rapat kerja (raker) dengan mitra Komisi V dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Muhayatul yang juga anggota Komisi V sudah menyampaikan untuk membentuk KPAD (Komisi Perlindungan Anak Daerah) di Sumatera Barat. Sebab dengan adanya KPAD diharapkan mampu mengawasi dan mengadvokasi kasus-kasus anak yang terjadi di Sumbar. Beberapa pihak pemerhati dan lembaga juga sudah berteriak soal KPAD ini. Tapi belum juga diakomodir. 

"Tolonglah Pak Gubernur. Membenar saya agar anak-anak di tanah Minang, terjaga dan kelak menjadi orang berguna bagi bangsa," sebut Sekretaris DPW PAN Sumbar ini. (*)






Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved