arrow_upward

HENDRA IRWAN RAHIM: Gerakan Koperasi Terus Menggeliat di Saat Pandemi Covid-19

Selasa, 23 Mei 2023 : 16.44

 

Hendra Irwan Rahim memberikan sambutan. (ist).

Padang, Analisakini.id-Gerakan koperasi terus dan tetap menggeliat di tengah krisis kesehatan dan krisis sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Koperasi bersama UMKM-UMKM membuktikan sebagai badan usaha ekonomi rakyat yang mampu menyelamatkan perekonomian negara, seperti yang terjadi pada masa krisis multidimensional tahun 1998.

"Deklarasi PBB dalam Tahun Koperasi 2012 menegaskan koperasi adalah lembaga ekonomi yang paling tahan terhadap krisis. Goncangan akibat pandemi Covid-19 terbukti tidak meluluh-lantahkan koperasi, walaupun ada penurunan omzet," kata Ketua Dekopinwil Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM dalam sambutannya saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Puskopabri Sumbar ke- 44 Tahun buku 2022, Selasa (23/5/2023) di Padang.

Menurut Hendra, hal itu bisa terjadi karena koperasi memiliki karakteristik yang khas, yaitu dimiliki anggota dan anggota sekaligus menjadi pengguna dan penerima manfaat dari layanan koperasi. Kepemilikan bersama yang dilandasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip khas menjadi kekuatan dahsyat koperasi.

Hendra yang juga bakal calon anggota DPD RI yang siap berjuang untuk kemajuan koperasi di Senayan nanti, menjelaskan secara faktual, RAT dapat menjadi salah satu cermin bahwa koperasi tersebut selain aktif, pengurusnya telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan Anggaran Dasar (AD) maupun Anggaran Rumah Tangga (ART) Koperasinya. RAT juga dapat dijadikan indikator untuk menilai keberhasilan pembinaan koperasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Hendra Irwan Rahim juga mengajak pengurus dan anggota Puskopabri Sumbar untuk sama-sama menyukseskan Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang dipusatkan di Padang pada 12 Juli 2023 nanti.

"Sumbar ditunjuk pusat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Harkopnas tingkat Nasional. Ini sebuah penghargaan bagi kita. Apalagi Bapak Koperasi Indonesia, Bung Hatta adalah putra Sumbar. Menjadi momentum bagi kita untuk terus menumbuhkembangkan koperasi agar ekonomi kerakyatan terus membumi. Bung Hatta pun bisa tersenyum," jelasnya.

Selain pengurus dan anggota Puskopabri, hadir juga Ketua DPD Pebabri, Ketua Inkopabri, dan Dinas Koperasi dan UKM dan peserta dari kab/kota se-Sumbar. (*/ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved