arrow_upward

Sambut 2 Juta Pemudik Gelar Festival Muaro Padang, Pemko Siap Semarakkan Suasana Berlebaran

Selasa, 18 April 2023 : 23.30
Wako Padang Hendri Septa memberikan sambutan. (ist).

Padang, Analisakini.id-Lebaran 1444 H/2023 kini sudah tinggal menghitung hari. Seperti biasanya, pada momentum tersebut Kota Padang bakal kembali menyajikan event yang tentunya akan membuat pemudik/wisatawan bakal menghabiskan waktu lebarannya di Kota Bingkuang.

Event akbar yang bakal disajikan itu adalah "Festival Muaro Padang". 

"Untuk memeriahkan momen libur lebaran di Padang, kita akan menggelar Festival Muaro Padang yang bertujuan untuk menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kunjungan wisatawan," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa saat memimpin rapat checking akhir kesiapan pengamanan lebaran sekaligus konferensi pers di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin (17/4/2023).

Dalam rapat tersebut tampak diikuti Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama para Asisten, pimpinan OPD terkait serta Camat dan Kepala Puskesmas se-Kota Padang. 

Wako Hendri menyebut, seperti diperkirakan lebih kurang 2 (dua) juta perantau/pemudik akan pulang kampung ke ranah Minang termasuk Kota Padang pada libur lebaran nanti. Prediksi tersebut naik signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sekitar 1,2 juta jiwa.

"Saya telah meminta seluruh ASN di masing-masing OPD terkait agar bekerja 'all out' selama libur lebaran nanti. Sebagai kota tujuan wisata dan Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kita di Kota Padang harus siap menampung dan menyambut baik kehadiran perantau dan wisatawan nantinya. Begitu pula yang tak kalah pentingnya menjaga kondusifitas Kota Padang dari hal-hal yang tak diinginkan," sambung Wako menekankan.

Sementara, untuk kelancaran pelaksanaan Festival Muaro Padang yang bakal berlangsung selama 24-27 April ini, orang nomor satu di Kota Padang juga meminta semua OPD penanggungjawab masing-masing acara terus memfokuskan persiapan. 

Termasuk kepada petugas terkait yang stanbye di Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) di titik-titik strategis di Kota Padang.

"Alhamdulillah, seluruh OPD terkait sudah menyiapkan langkah strategis guna mewujudkan keamanan dan kenyamanan pengunjung selama berlebaran di Padang. Diantaranya seperti melakukan rekayasa lalu lintas guna menghindari kemacetan oleh Dinas Perhubungan, mengatasi persoalan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan berbagai persoalan tenis lainnya," ujarnya.

Terkait Festival Muaro Padang, Wako membeberkan Pemko Padang bekerjasam dengan beberapa pihak akan menyajikan sejumlah kegiatan menarik. Mulai dari Festival Selaju Sampan, Festival Bakcang Ayam dan Lamang Baluo, Padang Fashion Carnaval, hingga Festival Marandang, Festival Jemur Bonsai serta Perahu Hias dan Pekan Ekonomi Kreatif."

"Berbagai event yang dipusatkan di sekitaran Muara Padang ini kita lakukan untuk semata hanya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekaligus mempersembahkan hiburan bagi perantau yang pulang kampung. Bisa kita simpulkan berapa perputaran uang yang terjadi selama momentum lebaran nanti. Ini semua kita persembahkan untuk masyarakat Kota Padang tentunya," ungkap Wako milenial itu bersemangat.  (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved