arrow_upward

Unand Bersama 15 PTN Kolaborasi Kembangkan Ketenagalistrikan, Ini Daftar 15 PTN

Selasa, 10 Januari 2023 : 10.32

 

Direktur Utama PT. PLN bersama 15 rektor universitas, usai teken MoU dalam pengembangan sumber daya dan pengembangan ketenagalistrikan. (ist)

Padang, Analisakini.id-Universitas Andalas (Unand) bersama 15 Perguruan Tinggi Negeri lain di seluruh Indonesia bekerja sama dengan PT. PLN (Persero) dalam pengembangan sumber daya dan pengembangan ketenagalistrikan, yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Kantor Pusat PT PLN, Jakarta, pada Selasa (10/1/2023).

Kerja sama ini meliputi beberapa hal, di antaranya, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, hilirisasi inovasi dan teknologi demonstrator, pemberdayaan sumber daya manusia, magang bersertifikat, hingga diseminasi bidang ketenagalistrikan nasional maupun internasional.

Kerja sama yang ditandatangani langsung oleh para Rektor dan Direktur Utama PT PLN ini, diharapkan memberikan manfaat dalam hal peningkatan layanan, teknologi, jaringan, keterjangkauan, dan penyediaan listrik yang ekonomis bagi masyarakat.  

“Tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya adalah perjanjian kerja sama (PKS) di mana Unand mengusung inovasi dan hillirisasi hasil-hasil riset di bidang energi terbarukan, mendukung ketersediaan tenaga listrik untuk seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil, terluar, terpinggir, maupun terpelosok,” ujar Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Unand, Dr. Eng. M. Makky.

Disampaikannya, kerja sama ini tentu memberi manfaat bagi kedua belah pihak. PLN dapat menerima tenaga-tenaga ahli dan SDM unggul, serta mahasiswa yang inovatif yang dapat memberikan kontribusi pagi perusahaan.

Sementara bagi Unand sendiri, kerja sama ini membuka kesempatan bagi seluruh civitas akademika, salah satunya yaitu bagi dosen yang dapat menguji hasil risetnya maupun memberikan ide mengatasi berbagai permasalah kelistrikan, mulai dari ketersediaan tenaga listrik, jalur distribusi, hingga ekosistem bisnis.

“Harapannya tentu kita bersama-sama akan dapat mengembangkan komponen kelistrikan dengan teknologi dalam negeri dan mengutamakan kearifan lokal, misalnya dalam bentuk desain, standar produk, hingga standar keamanan,” tambahnya. 

Makky menekankan, pihaknya akan mengawal realisasi kerja sama ini ke depannya, sehingga jika ada mahasiswa yang ingin magang atau dosen yang ingin melakukan riset, ataupun ketika PT. PLN membutuhkan tenaga ahli dari kampus, dapat segera difasilitasi oleh Direktorat Kerja Sama dan Hilirisasi Unand.

Selain Unand, perguruan tinggi lain yang turut terlibat dalam kerja sama ini yaitu: IPB, ITB, ITS, Unair, Unbraw, Undip, UGM, Unhas, UI, UN Medan, UN Surabaya, Unpad, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Udayana. (wy)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved