arrow_upward

Buku Karya 12 Profesor Wanita Faterna Unand Dibedah

Jumat, 19 Agustus 2022 : 16.00
Karya buku dari 12 Profesor wanita Faterna Unand dibedah oleh reviewer pada Kamis (18/8) secara hybrid di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id-Karya buku dari 12 Profesor wanita Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) dibedah oleh reviewer pada Kamis (18/8) secara hybrid di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Karya tersebut berjudul Peran Guru Besar Wanita Faterna Unand dalam menunjang pembangunan peternakan di Indonesia yang terdiri dari empat bagian yakni bagian Ternak Ruminansia, Ternak Unggas, Teknologi dan Industry Pakan, dan Bioteknologi Hasil Ternak.

12 guru besar wanita tersebut yakni Prof. Dr. Arnim, Prof. Dr. Zaituni Udin, Prof. Dr. Fauzia Agustin, Prof. Dr. Mardiati Zain, Prof. Dr. Wizna, Prof. Dr. Mirnawati, Prof. Dr. Husmaini, Prof. Dr. Maria Endo Mahata, Prof. Dr. Nuraini, M.S, Prof. Dr. Yetti Marlida, Prof. Hj. Endang Purwati, Ph.D, dan Prof. Dr. Salam N. Aritonang.

Sedangkan reviewernya yaitu Prof. Novirman Jamarun (Unand), Prof. Oscar Sjofjan (Unbraw) Prof. Ts. Dr. Nurul Huda (Universiti Malaysia Sabah).

Rektor Unand Prof. Yuliandri mengemukakan ini momentum dan motivasi bagi Profesor lain dan juga para peneliti untuk menghasilkan karya dalam bentuk buku. 

“Buku ini mengambarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para Profesor wanita Faterna sebagai bentuk kinerja untuk menunjang pembangunan peternakan di Indonesia,” sambungnya.

Ia menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Guru Besar wanita telah menyelesaikan buku ini yang bertitik tolak untuk memenuhi kebutuhan protein hewani nasional asal ternak dari hasil penelitian dan kompilasi tulisan serta gagasan baru.

Rektor Yuliandri berharap kinerja para Guru besar ini dapat ditingkatkan dan menular serta secara kontinu melahirkan inovasi-inovasi khususnya dibidang peternakan dan bidang lain pada umumnya yang dapat menjawab tantangan pembangunan di masa depan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr. Ing Uyung Gatot Syafrawi Dinata, mengatakan dalam hal publikasi buku Unand terbanyak secara nasional yakni 3.200 judul buku yang dihasilkan oleh dosen-dosen.

Ia mengapresiasi Guru Besar yang menerbitkan buku bertaraf nasional dan juga bisa disadur dalam bahasa inggris. “Semangat kita semua dosen-dosen Unand agar hasil karya pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan inovasi selalu dipublikasikan tidak hanya dalam bentuk jurnal proseding tetapi juga dalam bentuk buku,” ujarnya.

Baginya, ini akan menambah jumlah karya buku di Unand dan akan bermanfaat bagi masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, serta juga akan menjadi pertimbangan bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan.(ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved