arrow_upward

Baznas Kota Padang Gelar Pemeriksaan Mata Gratis, Pesertanya Membludak

Sabtu, 27 Agustus 2022 : 13.29

 

Ketua Baznas Kota Padang M. Mufti Syarfie bersama pengurus Perdami Sumbar. (ist).

Padang, Analisakini.id-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Provinsi Sumatera Barat menggelar pemeriksaan mata gratis bagi masyarakat.

Program mulia yang dilaksanakan, Sabtu (27/8/2022) di Kantor Baznas Kota Padang, merupakan program jangka panjang Baznas dalam upaya memberikan kontribusi pada masyarakat agar dapat beraktivitas dengan baik. Karena, jika mata bermasalah, banyak aktivitas jadi terhalang.

"Tujuan kita, bagaimana mata masyarakat itu kembali bagus penglihatannya. Karena, jika mata sudah kabur maka banyak faktor yang terhambat, bahkan produktivitas jadi berkurang, termasuk aktivitas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Nah, di sini Baznas Kota Padang hadir mengatasi permasalahan masyarakat tersebut," ungkap H. Mufti Syarfie, Ketua Baznas Kota Padang kepada media ini di sela-sela kegiatan.

Lebih 120 warga Kota Padang dari berbagai kelurahan dan kecamatan, terlihat memenuhi kantor yang terletak di Jalan Bypass Kota Padang tersebut. Setelah mendapat nomor antrean, satu per satu dipanggil untuk diperiksa matanya. 

"Memang, target kita pesertanya 60 peserta, kalau lebih pun tetap dilayani. Nantinya, setelah dilakukan pemeriksaan, tim dokter Perdami akan menentukan mana yang lanjut ke operasi katarak, atau hanya pengobatan dan diberikan kaca mata secara gratis. Bagi yang harus operasi katarak, nanti akan ditentukan jadwal operasi serta rumah sakit atau kliniknya," jelas Mufti 

Satu hal yang tak kalah penting, lanjut Mufti yang juga mantan Ketua KPU Sumbar, pemeriksaan mata ini merupakan disain besar dari program Baznas Padang bekerjasama dengan Perdami dalam mempersiapkan Klinik Sehat Mata. Karena, para dokter yang tergabung di Perdami merupakan muzaki dari Baznas Kota Padang.

"Program kita di Baznas bersama Perdami Sumbar, menghadirkan Klinik Sehat Mata yang rencananya awal 2023 akan dimulai persiapannya. Ada dua lokasi klinik yang telah kita siapkan di Kota Padang. Anggaran rehab klinik ini sudah kita siapkan. Untuk peralatannya, kita tengah mengupayakan bantuan berbagai pihak, termasuk dari Baznas RI," ujar Mufti pada kegiatan yang juga dihadiri pengurus Baznas Padang, H. Darmadi.

Sementara itu, Ketua Perdami Sumbar, Dr. dr. Fitratul mengatakan pemeriksaan mata gratis, Sabtu (27/8/2022) merupakan kegiatan perdana pengabdian masyarakat. 

"Pada tahap awal akan dilakukan pemeriksaan. Nah dari screening ini akan diketahui keluhan masyarakat, apakah harus ditindaklanjuti dengan operasi atau bagaimana," ujar Dr. FIitratul.

Dikatakan Fitratul, Baznas dan Perdami tidak membatasi jumlah peserta. Selagi waktu tersedia, maka semua warga yang datang akan dilayani, jika tidak sempat bisa dilakukan di waktu lain. Baznas Padang telah memprogramkan pemeriksaan mata gratis ini akan dilakukan sekali 3 atau 4 bulan.

"Kegiatan ini merupakan program kemanusiaan Perdami bekerjasama dengan Baznas Kota Padang dalam upaya menyerahkan mata masyarakat. Jadi, jika ada tetangga yang matanya bermasalah, silahkan diberitahu untuk dilakukan pemeriksaan secara gratis," jelas Fitratul. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved