arrow_upward

Lewat Voting, Basril Basyar Terpilih jadi Ketua PWI Sumbar dan Zul Effendi jadi Ketua DKP PWI

Sabtu, 23 Juli 2022 : 17.30
Ketua PWI Sumbar terpilih Basril Basyar didampingi Ketua DKP PWI Sumbar terpilih Zul Effendi menerima pataka PWI dari Ketum PWI Pusat Atal S Depari didampingi Ketua bidang Kerjasama Zulkifli Gani Ottoh. (ef).

Padang, Analisakini.id-Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar periode 2017-2022 DR. Ir. H. Basril Basyar, MM terpilih sebagai Ketua PWI Sumbar periode 2022-2027 lewat voting, Sabtu (23/7/2022) di aula kantor Gubernur Sumbar. BB sapaan akrab Basril Basyar meraih engan 123 suara, sedangkan calon lain, petahana  H. Heranof Firdaus, S.Sos, mengumpulkan 51 suara.

Usai penghitungan suara untuk Calon Ketua PWI Sumbar dilanjutkan dengan penghitungan suara untuk calon Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumbar dengan hasil Zul Effendi menang telak pula, meraup 104 suara. Tiga kandidat lain  Gusfen Khairul 32 suara, Zulnadi, SH 29 suara, sedangkan H M Khudri dapat 3 suara.

Kemenangan BB untuk Ketua PWI Sumbar dan Zul Effendi sebagai Ketua DKP Sumbar sudah diperkirakan dari awal, setelah BB memberanikan diri untuk maju sebagai calon Ketua PWI Sumbar.

"Saya maju sebagai calon Ketua PWI Sumbar, karena desakan dari bawah. Ini amanah yang harus saya amalkan. Olehkarena itu saya sudah menyatakan mundur sebagai ASN di Unand dan Rektor juga sudah resmi menyetujuinya," kata BB di sela-sela penyampaian visi misi dan disambut aplus dari peserta Konferprov PWI Sumbar.

Begitu juga Zul Effendi, pemimpin umum Harian Haluan ini. Rekam jejaknya baik menjadi pengurus PWI di Sumbar maupun menjadi anggota DKP di PWI Riau, menjadi magnet bagi peserta untuk memilihnya.

Saat pemimpin sidang melakukan verifikasi terhadap calon yang maju, Ketum PWI Pusat Atal S Depari juga dilibatkan untuk memastikan keabsahan calon yang maju terutama menyangkut persyaratan calon. Setelah itu baru pimpinan sidang memutuskan dari tiga bakal calon, yang penuhi persyaratan hanya dua calon, Basril Basyar dan Heranof. Seorang gagal, Saribulih. Untuk bakal calon Ketua DKP PWI Sumbar, keempat bakal calon memenuhi persyaratan.

Surat persetujuan pengunduran diri BB ditandatangani Dekan Fakultas Peternakan, DR. Ir. Adrizal, MS, nomor: B/0627/UN.16.06/D/,KP.09.00/22, tanggal 12 Juli 2022.

Alot

Sidang yang dipimpin DR Amiruddin, SH berlangsung cukup alot mulai dari menetapkan agenda sidang sampai pada sidang pemilihan Ketua PWI Sumbar dan DKP PWI Sumbar. Soalnya peserta sidang banyak yang melakukan interupsi guna memberikan masukan dan usul kepada pimpinan sidang.

Ketegangan sedikit terjadi pertanda adanya demokrasi di tubuh organisasi wartawan itu, mulai dari persyaratan calon yang akan maju merujuk kepada Peraturan Dasar Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) PWI.

Namun semuanya itu dapat dilaksanakan dengan baik meski Ketua PWI Pusat Atal S Depari harus ikut memberikan masukan.

Acara yang dibuka oleh Gubernur Sumbar H Mahyeldi dan dihadiri oleh Forkopimda Sumbar serta undangan lainnya itu berjalan sukses sampai akhir sidang. Ikut juga memberikan sambutan Ketua PWI Sumbar Heranof dan Ketua Panpel Sawir Pribadi.

Cukup menarik juga, acara pembukaan diikuti secara khidmat oleh hadirin saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya lalu mars Sumbar dan mars PWI. (ef).


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved