arrow_upward

Hadiah Belasan Juta Rupiah, Impala Teta Unand Adakan Lomba Blog Lintas Wisata Alam

Selasa, 05 Juli 2022 : 09.32

  


Padang, Analisakini.id-Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Teknologi Pertanian (IMPALA TETA) Universitas Andalas mengadakan lomba vlog lintas wisata alam tingkat Nasional pada 23 – 24 Juli 2022 mendatang di Nagari Lawang, Kabupaten Agam. 

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama IMPALA TETA Unand dengan pengelola kawasan wisata Puncak Lawang, Zola Pandu, serta melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nagari Lawang. 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian lingkungan, meningkatkan minat dan pengetahuan terhadap alam minang kabau, dan mengenalkan tempat wisata yang berada di kawasan Danau Maninjau” ujar Ketua IMPALA TETA Unand Naufal Yohaldy, Jumat (24/6/2022).

Kegiatan ini merupakan agenda pertama dan terbesar yang diadakan oleh IMPALA TETA sejak berdirinya organisasi tersebut pada  2020. Semangat anggota IMPALA TETA untuk mengangkat agenda besar ini terbukti dengan diperolehnya dukungan langsung terhadap keberlangsungan acara ini dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Luhur Budianda dan Kepala BKSDA Sumatera Barat Ardi Andono. 

Dalam kegiatan ini beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian lainnya seperti yaitu Creativity on Science and Journalistic (CSJ) dan English Club of Agriculture Technology (ECLAT) ikut ambil peran dengan mengadakan kegiatan pelatihan menulis karya dan berbahasa Inggris. Ini merupakan upaya untuk menyiapkan generasi muda di Nagari Lawang dalam menghadapi tantangan serta memaksimalkan keberlanjutan kawasan wisata di sana. 

Kegiatan lembaga kemahasiswaan ini juga bagian dari Indikator Kinerja Utama Universitas, yaitu IKU 2 yaitu mahasiswa mendapat pengalaman diluar kampus. Pengalaman diskusi, berkolaborasi, berkegiatan dengan pihak luar yang akan menjadi value pengetahuan bagi mahasiswa sebagai wujud dari belajar merdeka yaitu memerdekakan pembelajaran guna meningkatkan berdaya saing.

Disamping itu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dan motivasi dari  Munzir Busniah, mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Andalas yang juga owner dari Dapur Kubang pada saat melakukan audiensi, Kamis (29/6). 

Munzir  menyampaikan  kombinasi karakteristik jiwa pecinta alam dengan semangat kewirausahaan akan menghasilkan generasi penerus yang dapat memaksimalkan potensi pemanfaatan sumber daya pertanian melalui pemberian nilai tambah. 

Pada saat berdiskusi dengan Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas,  Dr. Azrifirwan S.TP, M.Eng., Jumat (1/7) Munzir menjelaskan pengalamannya, saat diadakanpelatihan dasar jurnalistik (Fotografi dan Videografi) yang materinya diberikan oleh fotografer dan videografer Media Indonesia, mereka kaget akan kreativitas dan keunikan mahasiswa Unand dalam membuat karya. Artinya apa? 

"Artinya, harus diberikan ruang bermain kreatif yang luas sehingga ada keberanian  untuk berekspresi dan berprestasi”, tambahnya.

Dengan aktivitas yang dilakukan oleh IMPALA-TETA dan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya esensinya adalah terjemahan dari IKU 2 PTN yaitu mahasiswa mendapat pengalaman pembelajaran di luar kampus.

"

Kita hanya belum maksimal dalam menggarap potensi UKMF - talent pool untuk mensejajarkan Unand dengan kampus lain dalam hal indikator Kinerja Universitas.

Ekosistem berkelanjutan - memberi resonansi harus by design. Dengan itu saat tracing alumni, nantinya kita akan melihat beragam posisi dunia kerja yang ditekuni oleh alumni Unand dan mereke berada pada posisi penentu kemajuan bangsa” ujar Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Dr. Azrifirwan S.TP, M.Eng. (relis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved