arrow_upward

Reshuffle Kabinet Jokowi Menguat 15 Juni 2022, Siapa Kena?

Selasa, 14 Juni 2022 : 20.24

 

Ilustrasi reshuffle kabinet Jokowi. tirto.id/Sabit

Jakarta, Analisakini.id - Isu reshuffle kabinet 15 Juni 2022 menguat dengan Istana menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bebas melakukannya, termasuk bisa jadi besok. Siapa saja menteri yang bakal kena reshuffle?

Tak ada bantahan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung soal kabar perombakan kabinet atau reshuffle 15 Juni. Pramono menyerahkan sepenuhnya perombakan kabinet kepada Jokowi.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Pramono kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menjelaskan Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini. "Ya yang jelas Presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," ujarnya seperti dikutip dari detik.com.

Dari informasi yang berkembang, ada lima kursi menteri yang bakal berganti kepemilikan. Lima kementerian yang menterinya bakal digeser ini ada di bidang ekonomi, yaitu Menteri BUMN, Menteri ATR/BPN, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, dan Menteri Perhubungan.

Beredar juga informasi masuknya mantan Menparekraf Wishnutama ke dalam kabinet Jokowi. Belum diketahui apakah Wishnutama kembali menjadi menteri atau mengisi satu dari 10 kursi wamen yang masih kosong.

Isu soal lima kursi yang digeser Jokowi juga terdengar sayup-sayup di kalangan politikus partai pendukung pemerintahan saat ini. Namun belum ada yang mau bicara terbuka soal waktu dan jumlah pasti menteri yang kena reshuffle.

Mensesneg Pratikno juga sempat bicara soal isu reshuffle. Meski tak menyatakan lugas isu reshuffle itu valid, Pratikno berjanji akan memberikan bocorannya jika benar bakal ada reshuffle dalam waktu dekat.

"Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal, bocorin dikit-dikit," kata Pratikno di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). Pratikno menjawab pertanyaan soal kabar reshuffle dilakukan Juni.

Dipanggil

Presiden Jokowi atau Jokowi telah memanggil sejumlah menteri ke Istana, Selasa (14/6/2022).

Dikutip dari sindonews.com, pada siang hari, Jokowi bertemu Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. Lalu ada juga dua menteri dari Partai NasDem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Syahrul keluar lebih awal dan enggan berkomentar soal reshuffle. "Aku kerja aja, ada Allah SWT yang mengatur segalanya," kata dia.

Syahrul hanya menyebut rapat ini membahas soal pangan, salah satunya terkait ekspor beras. Setelah Sofyan, Airlangga dan Siti keluar belakangan tapi langsung masuk ke mobilnya.

Sore hari, giliran Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipanggil Jokowi. Beda dengan yang lain, Prabowo hanya terpantau keluar dari pintu keluar. Sumber Tempo yang mengetahui membenarkan kedatangan Prabowo ke Istana.

Barulah setelah itu, berturut-turut datang eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Wakil Menteri Agraria Surya Tjandra. Tak satupun mengkonfirmasi kehadirannya terkait reshuffle.

Di luar menteri, ada lagi yang dipanggil yaitu eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto. Baru saja (dipanggil) saya, makanya ngebut," kata Hadi.

Hadi tak bicara banyak apakah pemanggilannya berkaitan dengan reshuffle kabinet. "Wah ga tau siapa ya, saya hanya dipanggil ga tau apa itu," kata dia.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi juga dipanggil Jokowi. Belum diketahui kapan dia datang ke Istana karena hanya terpantau keluar dan langsung masuk ke mobilnya. (***)





Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved