arrow_upward

Hendri Septa, Walikota Pertama asal Indonesia Jadi Khatib Shalat Jumat di Kota Hildesheim Jerman

Minggu, 26 Juni 2022 : 19.30

 

Walikota Padang Hendri Septa menyampaikan khutbah saat pelaksanaan shalat Jumat di masjid Ayosofia Masque, kota Hildesheim, Jerman. (ist)

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang Hendri Septa kunjungan kerja ke kota Hildesheim, Jerman. Walikota milenial ini diundang khusus oleh Walikota Hildesheim Dr. Ingo Meyer untuk meresmikan jembatan 'Padang Brucke", selain agenda kerja sama lain.

Menariknya, di sela-sela kunjungan kerja itu, dan kebetulan hari Jumat waktu setempat, Hendri Septa diundang pula untuk memberikan khutbah pada pelaksanaan shalat Jumat di sana.

Shalat Jumat dilaksanakan di masjid Ayosofia Mosque' milik warga Turki yang tinggal di kota Hildesheim. Umat Islam di sana, shalat Jumat di masjid itu, di samping masjid lainnya.

Hendri Septa diundang pengurus dan imam masjid Ayosofia Mosque, Sinan Ozturk Imam menjadi khatib Jumat. Sebelumnya, memang salah seorang pegawai rombongan Walikota Padang dan orang Indonesia di sana mengontak pengurusmasjid yang mengatakan Walikota Padang, kadang-kadang juga berikan khutbah Jumat di Padang.

"Dengan kerendahan hati, mohon ridho Allah, saya memenuhi permintaan yang disampaikan pengurus masjid,"kata Hendri Septa.

Bagi pengurus masjid setempat, tampilnya walikota asal Indonesia menjadi khatib shalat Jumat di masjid mereka adalah suatu kebahagiaan dan kebanggaan. 

"Ini sejarah, untuk pertama kalinya walikota asal Indonesia yang menjadi khatib pelaksanaan shalat Jumat di sini. Sangat berkesan. Mereka sangat bahagia, "ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang, Dian Fakri yang ikut mendampingi Walikota Hendri Septa ke Jerman.

Video Walikota Hendri Septa yang menyampaikan khutbah Jumat dalam bahasa Arab dan Inggris itu, cukup viral. Hendri Septa memang jago bahasa Inggris. Maklum dia tamatan universitas ternama di Australia. Jarang-jarang kepala daerah asal Indonesia, bahkan mungkin juga belum pernah di kota Hildesheim, Jerman.

Masjid Ayosofia itu merupaka masjid yang dibangun oleh orang Turki yang menetap di Hidelsheim. 97 persen jemaahnya adalah orang Turki. Sisanya orang Arab, India, Indonesia yang sedang menuntut ilmu atau orang Asia lainnya di kota tersebut. (***)




Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved