arrow_upward

Diumumkan Saat RAT PKP-RI 2021, Inilah Koperasi Berprestasi, Terdisiplin dan Teraktif di Sumbar

Minggu, 29 Mei 2022 : 19.38

 

Gubernur diwakili Kadiskop dan UKM Nazwir, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua PKP-RI Sumbar Hadi Suryadi, koordinator pengawas PKP-RI Sumbar Ell Yawardi bersama pengurus koperasi yang meraih penghargaan pada RAT PKP-RI Sumbar. (rian)

Padang, Analisakini.id-Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia  (PKP RI) Sumbar, berlangsung meriah dan membahagiakan anggota tentunya. Sebab, RAT tahun buku 2021 itu berlangsung di hotel berbintang, Hotel Truntum Padang selama dua hari.

"Tahun lalu, peserta dari Padang bertanya, mereka kok tidak menginap di hotel, sedang peserta luar Padang menginap, RAT kali ini, semua peserta menginap di hotel," kata Ketua PKP RI Sumbar, Hadi Suryadi, Sabtu malam (28/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Hadi melaporkan jumlah anggota hingga 31 Desember 2021 mencapai 524 KPRI dan jumlah anggota perseorangan mencapai 84.557 orang. Aset koperasi pada 2021 Rp59.133.206.466,- lebih naik ketimbang tahun sebelumnya. 

"Begitu pula, jumlah pinjaman pada 2021 naik menjadi Rp53.740.000.000 dan modal sendiri ketimbang tahun 2020, pada 2021 naik menjadi Rp49.590.059.088,'katanya.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan kendala yang perlu sentuhan gubernur seperti dalam pengembangan usaha khususnya usaha migas belum diberi kesempatan oleh Pertamina. Lalu dengan adanya pembayaran non tunai pada ASN guru-guru mengakibatkan pembayaran cicilan anggota pada koperasi terlambat atau menunggak.

Untuk itu, PKP-RI memohon kepada gubernur untuk membuat SE pada masing-masing kepala daerah untuk memberikan pembinaan berupa SE pada OPD di daerah untuk penyelesaian kemacetan yang terjadi di KP-RI lingkup Pemda bersangkutan, surat dukungan pada KPRI untuk mengembangkan usaha KPRI dan pada ASN untuk memenuhi kewajibannya pada KPRI yang bersangkutan.

RAT dibuka oleh Gubernur Sumbar diwakili Kadiskop dan UKM Nazwir, dan ikut memberikan sambutan Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim.

Dalam kesempatan itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi berprestasi pada 2021 yaitu KPRI Kogusda Kota Solok(1), KPN Syariah Balaikota Padang Panjang (2), KPRI Bina Karya Kabupate Solok (3), KPRI Syariah Dinkes Agam (harapan I), KPRI Guru-guru Payakumbuh Utara (harapan 2) dan KPN Kapur Warna Kota Padang (harapan 3). 

Koperasi terdisiplin, KPN SMK Negeri 2 Batusangkar (1), KPN Guru SD Wilayah Lubuk Basung Timur (2), KPRI Dinas Pendidikan Sumbar (3), KPN Pemkab Agam (harapan 1), KPRI Bukit Gadig Dharmasraya (harapan 2) dan KPRI SMKN 5  Padang (harapan 3).

PKP RI Sumbar juga memberikan reward kepada koperasi yang memberikan kontribusi aktif terhadap PKP RI Sumbar yang diraih oleh KPRI Terjamin Dharmasraya (1), KPNG Lubuk Alung Padang Pariaman (2) dan KPRI Karya Dharma Kantor Bupati Sijunjung (3). (***)





Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved