arrow_upward

Wagub Audy Joinaldy Berikan Motivasi SMAN Sipora Untuk Berinovasi Menuju SDM Unggul

Senin, 18 April 2022 : 22.31

 

Wagub Audy Joinaldy memberikan sambutan. (ist).

Mentawai, Analisakini.id-Pembangunan infrastruktur  memang penting dalam membangun perkonomian suatu daerah, tapi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni menjadi hal penting dalam kesuksesan sebuah program pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, saat mengunjungi dua sekolah, SMAN 1 dan SMAN 2 Sipora Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (18/4/2022).

Dalam kunjungan ke SMAN 2 Sipora, Wagub Sumbar berikan motivasi dalam pembangunan sumber daya manusia menjadi faktor kunci dalam memenangkan persaingan global, yang membawa konsekuensi semakin ketatnya persaingan ditengah ketidakpastian, langkah strategisnya yaitu peningkatan SDM.

"Pembangunan SDM menjadi utama strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan khususnya di Mentawai," kata Audy Joinaldy.

Audy menjelaskan, sekolah perlu memikili visi dan misi untuk kemajuan anak didiknya. Jangan jadikan alasan sarana dan prasarana menghambat kemajuan sekolah berikan peningkatan SDM di sekolah.

Penguatan SDM menuju manusia unggul memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan produktivitas kerja, dalam memenangkan persaingan ditengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dalam pembangunan suatu daerah.

"Keterbalasan jangan jadi alasan, berikan semangat dan motivasi untuk terus berkreasi dan berinovasi menuju SDM unggul," ucapnya.

Sekolah adalah wadah mencetak SDM yang berkualitas dan mampu tampil serta eksis sesuai kemampuan baik daerah maupun nasional.

"Saya ingin sekolah di sini banyak mencetak dan sukses meluluskan siswa yang terampil dan berdayasaing sehingga ikut berperan dalam membangun daerah," harapnya.

Namun demikian ujarnya, pembangunan dunia pendidikan menjadi tanggung jawab semua pihak dan tekad kuat dari pemerintah daerah harus didukung penuh dari insan pendidikan. Diakuinya pembangunan sarana pendidikan menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kualitasnya.

Sementara di SMAN 2 Sipora, Audy Joinaldy menyampaikan sarana pendidikan merupakan media untuk membentuk SDM berkualitas dan berdaya saing menuju generasi emas Sumbar.

"Saya apresiasi tekad kuat para guru untuk mengabdikan diri mereka dalam mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa," ungkap Audy.

Mendidik generasi muda harus diiringi dengan keimanan dan ketakwaan adalah benteng dalam membentuk karakter moral yang baik dan kokoh.

"Moral termasuk salah satu kunci kesuksesan. Oleh karena itu, perlu keseriusan dalam menimba ilmu ukhrawi (akhirat) di samping kewajiban menuntut keilmuan formal, atau duniawi," terangnya.

Sementara itu, Helimursida, S.Pd, M.M Kepala  SMAN 2 Sipora dan Yessi, S.Pd, M.M Kepala SMAN 1 Sipora sangat senang dan bangga di kunjungi seorang milenial pintar yang inspiratif bagi generasi penerus bangsa.

"Kami sangat senang, Wagub Sumbar yang memiliki kepintaran di atas rata-rata hadir disini. Ini sejarah bagi sekolah kami, karena di daerah pedalaman kepulauan Mentawai ini dikunjungi dua peminpin sekaligus," ulas Helimursida.

Semua apa disampaikan Audy Joinaldy saat memberikan pembekalan,  menurutnya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh para generasi muda saat ini.

Di tempat berbeda Kepala  SMAN 1 Sipora, Yessi, S.Pd, M.M juga mengucapkan terima kasih telah memberikan sedikit pembekalan dan acuan bagi para murid-murid SMAN 1 Sipora.

Audy Joinaldy selaku pemimpin muda dan pengusaha muda sukses sebagai pembicara mengatakan generasi muda memiliki peran pinting dalam pengembagan usaha di Indonesia.

"Saya yakin, generasi muda ini memiliki kreatifitas tinggi dalam mengikuti perkembangan digital yang pesat ini, untuk itu perlu jadi contoh bagi kita semua," sebut Yessi.

Yessi menambahkan kreatifitas yang dimiliki membutuhkan penunjang dalam mengembangkannya. Salah satu penunjang bagi daerah tertinggal yaitu jaringan internet yang memadai.

Kedisiplinan perlu dibangun dalam mindset generasi zaman now ini, karena era digital ini sangat perlu memertahankan secara konsisten ide kreatif kita. Dan tentu saja jalin networking seluas mungkin untuk memupuk ide kreatif yang akan dijalankan.

Dalam kunjungan ke dua SMAN tersebut Wagub Sumbar bersama Wabup Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake didampingi oleh tim safari ramadhan Sumbar dan kepala OPD dari Pemkab Mentawai. (nov)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved