arrow_upward

Tahapan dan Anggaran Pemilu 2024 akan Dibahas Setelah Lebaran

Sabtu, 23 April 2022 : 04.56
Drs.H.Guspardi Gaus,M.Si


Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menegaskan DPR RI tetap konsisten dan sangat serius mempercepat finalisasi pembahasan mengenai agenda tahapan dan anggaran pemilu 2024.

Hal ini disampaikannya, menanggapi keraguan Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule  tentang pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya poin yang diragukan Iwan adalah belum disetujuinya anggaran pemilu 2024  yang diajukan penyelenggara pemilu.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN)  ini menginformasikan, begitu anggota KPU priode 2022-2027 dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara 12 April 2022, besoknya [13 April 2022 ] Komisi II DPR  langsung mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Pemerintah dan penyelenggara pemilu yang baru. Agendanya membahas tahapan dan anggaran Pemilu 2024 serta beberapa isu krusial lainnya. Pada awalnya direncanakan kembali membahas tahapan dan anggaran Pemilu 2024  pada 21-23 April 2022. Namun dengan berbagai pertimbangan, ditunda di atas tanggal 10 Mei 2022 atau setelah Lebaran.

Legislator asal Sumatera Barat itu menambahkan DPR RI menargetkan pembahasan tahapan dan anggaran pemilu selesai pada masa reses. Dengan begitu, pembahasannya dapat diselesaikan secara tuntas sebelum sidang paripurna masa sidang IV DPR RI pada 17 Mei 2022. 

Komisi II  bersama Pemerintah dan penyelenggara pemilu berupaya dan tetap optimistis target penyelesaian pembahasan tahapan dan anggaran pemilu bisa tercapai. Karena drafnya sudah ada, tinggal disisir dan dicermati kembali setiap mata anggarannya.  Bagaimanapun, kondisi keuangan negara yang sedang 'tidak baik-baik saja' akibat pandemi Civid-19 harus menjadi pertimbangan dalam menyusun anggaran pemilu 2024 ini. 

"Komisi II menekankan pentingnya menerapkan prinsip tahapan dan anggaran pemilu secara efektif dan efesien serta tercapai kesepahaman untuk selanjutnya di tetapkan secara resmi," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya diberitakan masih banyak pihak yang meragukan sikap dan penegasan Presiden Joko Widodo tentang tanggal Pemilu Serentak 2024 digelar 14 Februari 2024. Sebab, belum ada ketegasan dari mantan Walikota Solo itu bahwa dirinya akan menolak perpanjangan masa jabatan.

Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule menyampaikan keraguan yang muncul dibenaknya tentang pelaksanaan Pemilu 2024. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved