arrow_upward

Pemko Padang dan Forkopimda Siap Ciptakan Suasana Kondusif Selama Libur Lebaran

Selasa, 26 April 2022 : 00.06

 

Walikota Padang Hendri Septa pimpin rapat bersama Forkopimda dan pihak terkait lainnya. (humas).

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama unsur Forkopimda menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan dan kesiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 disertai libur nasional atau cuti bersama.

Seperti diketahui, Pemerintah sudah menetapkan libur Lebaran tahun ini pada 2-3 Mei 2022. Setelah itu juga disusul dengan ditetapkannya cuti bersama mulai 29 April dan 4, 5 hingga 6 Mei 2022.

Sementara itu berdasarkan prediksi, Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut bakal didatangi banyak orang perantau atau pemudik yang ditaksir mencapai lebih 2 juta jiwa.

Hal ini mungkin dikarenakan berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, dimana pada tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat agar dapat merayakan Lebaran untuk berkumpul bersama dengan keluarga meski tetap diminta menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Alhamdulillah hari ini kita Pemko Padang bersama unsur Forkopimda menggelar rakor membahas persiapan dan kesiapan menjelang Lebaran dan libur Lebaran di  Padang. Sejumlah hal kita bahas dengan tujuan terciptanya suasana yang aman, nyaman dan kondusif selama libur Lebaran di kota yang kita cintai ini," ungkap Walikota Padang Hendri Septa sewaktu memimpin rakor membahas hal terkait bersama unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD serta Camat se-Kota Padang di Gedung Putih Kediaman resminya, Senin (25/4/2022).

Wako Hendri menjelaskan, dalam rapat kali ini setidaknya membahas dan menyepakati sebanyak 10 jenis isu yang berkaitan dengan persiapan menjelang dan libur Lebaran di Padang.

Di antaranya jelasnya, mulai dari menjaga ketersediaaan dan kestabilan harga pangan, lalu aturan pelaksanaan pawai takbiran serta pelaksanaan salat Idul Fitri. Kemudian pembuatan Poskotis (Pos Komando Taktis) di sejumlah titik dan persiapan pada sejumlah destinasi wisata di wilayah Padang.

"Selanjutnya terkait pengawasan dan pelaporan arus mudik, pembatasan kendaraan besar seperti truk dan sejenisnya selama libur Lebaran serta pencegahan terjadinya pungutan liar (pungli) di kawasan wisata atau tempat keramaian lainnya. Selain itu kita juga menyikapi May Day (Hari Buruh) yang jatuh pada 1 Mei 2022 nanti dan isu kelompok organisasi terlarang Negara Islam Indonesia (NII) yang mulai marak akhir-akhir ini," jelasnya.

"Kita tentu berharap terciptanya koordinasi dari unsur Forkopimda dan pemangku kepentingan lainnya dalam menciptakan suasana yang kondusif menyambut Lebaran dan pasca Lebaran di  Padang."

"Selain itu juga menentukan sejumlah aturan yang harus dipatuhi bagi pemudik ke Kota Padang,  pengaturan di tempat wisata, rekayasa lalu lintas menghindari kemacetan dan hal terkait lainnya. Mari bersama kita ciptakan suasana yang kondusif, aman dan nyaman menyambut Lebaran dan pasca libur Lebaran di Kota Padang," ujar orang nomor satu di Padang tersebut.

Dalam rapat tersebut hadir Ketua DPRD Padang Syafrial Kani serta Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir, Kasdim 0312/Padang Letkol TNI Agung BP dan Kasi Intel Kejari Padang Roni Saputra. Selain itu juga terlihat Kakan Kemenag Padang Edy Oktafiandi, unsur perwakilan MUI Kota Padang dan lainnya.(do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved