arrow_upward

Video Lumpur Bergerak Pascagempa Pasbar dan Pasaman bukanlah Likuefaksi

Minggu, 27 Februari 2022 : 21.45


Jakarta, Analisakini.id – Beberapa jam setelah gempa bumi magnitudo (M) 6.1 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman pada Jumat (25/2/2022), beredar video lumpur bergerak yang diasosiasikan seperti kejadian likuefaksi pascagempa bumi di Palu 2018 silam.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, menyatakan berdasarkan kaji cepat dan pemetaan melalui udara oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota, didapatkan dokumentasi visual dari pesawat nirawak atau drone yang secara jelas memperlihatkan ada titik-titik longsoran di hulu Talamau, yang kemudian masuk ke sungai dan terbawa aliran sungai ke hilir dan menghantam beberapa rumah penduduk.

“Dari temuan fakta hasil kaji cepat dan pemetaan tersebut, maka fenomena yang terjadi di Pasaman dipastikan bukanlah likuefaksi, tetapi banjir lumpur akibat longsor yang terjadi di hulu,” kata Muhari dalam keterangannya, Minggu (27/2/2022).

Kejadian itu, lebih mirip dengan banjir sedimen yang terjadi di Sigi akibat luapan bah bercampur pasir dari Sungai Poi yang berasal dari longsoran akibat gempa 2018 Palu.

BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berpartisipasi meredam kabar dan informasi yang belum diyakini kebenarannya.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved