arrow_upward

Ini Profil Dorce Gamalama, Artis Asal Minang yang Wafat Akibat Covid-19

Rabu, 16 Februari 2022 : 11.47

 

Sumber IG Dorce.

Jakarta, Analisakini.id-Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, dengan meninggalnya Dorce Gamalama di usia ke-58 di Rumah Sakit Pertamina Pusat, Simprug, Jakarta Selatan, Rabu pagi (16/2/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. 

Dorce diketahui meninggal dunia usai terpapar Covid-19. Seperti dikutip dari indozone.id,  rencananya, jenazah Dorce akan dimakamkan sesuai dengan protokol Covid-19 hari ini. 


Berikut profil Dorce Gamalama

Dorce Gamalama lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi, pada 21 Juli 1963 di Solok, Sumatera Barat. Dia adalah seorang pembawa acara, penyanyi, dan aktris yang populer di tahun 1990-an. 

Nama panggung 'Dorce' diberikan oleh pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, Myrna. Hal itu dikarenakan Dorce kerap mempromosikan dirinya sebagai wanita, meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya.

Dorce merupakan anak bungsu dari enam bersaudara. Dia tinggal bersama neneknya, Siti Darama, dikarenakan orang tuanya sudah meninggal ketika Dorce masih anak-anak. 

Di tahun 1983, Dorce memutuskan untuk mengoperasi jenis kelaminnya, dari pria menjadi wanita di Surabaya. Sejak saat itu, totalitas Dorce pun semakin kuat dengan mengubah penampilan layaknya seorang wanita. 


Karier 

Nama Dorce Gamalama semakin melejit dan dikenal banyak orang setelah mendapat banyak job di dunia hiburan. Dorce bahkan punya dua film yang membuat dirinya jadi bintang utama, yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Selain berakting, Dorce juga berbakat di bidang tarik suara. Dia juga pernah masuk dapur rekaman dan meluncurkan beberapa single miliknya. Tak hanya itu, Dorce juga mahir menyanyikan lagu dalam bahasa asing, seperti Inggris, China, Arab, India, dan lain-lain. 

Tak sampai situ, Dorce juga pernah booming usai menjadi pembawa acara di salah satu acara di stasiun TV. Ia bahkan sampai dijuluki Oprah Winfrey Indonesia.


Asmara

Mengenai asmara, Dorce pernah dikabarkan menikah hingga dua kali dengan sosok pria. Pertama kalinya, Dorce diketahui menikah secara siri dengan pria bernama Asep Maskar bin Abdul Rozak pada 2009 silam. Namun pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian di tahun yang sama. 

Setelah pernikahan yang pertama, Dorce dikabarkan menikah lagi dengan Dinky Ardillani secara siri. Namun kabar tersebut dibantah Dorce, dengan mengatakan mereka hanya berteman. 

Terlepas dari pernikahannya, Dorce juga mengadopsi empat orang anak, yakni Rizky Sutrisno Kidjo, Siti Khadijah, Siti Fatimah Tuzzahrah, dan Abu Ramadhani.

Dia juga memiliki yayasan untuk membantu anak yatim piatu, orang tidak mampu, dan lansia. 

Wasiat Sebelum Meninggal

Beberapa waktu lalu, Dorce kembali membuat heboh publik usai mengungkap keinginannya untuk dimakamkan sebagai perempuan. Hal itu lantaran dirinya sudah melakukan operasi dan merasa jika dirinya selama ini adalah seorang perempuan.

"After operation saya perempuan, ya saya punya kelamin perempuan, mandikan saya dengan pakaian perempuan. Karena saya kan enggak pakai jas, saya kan enggak pakai baju pengantin, jadi kan pakai kain kafan. Harus," ungkap Dorce di kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. (***)



    


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved