arrow_upward

168 Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Paket Kebutuhan Dasar

Selasa, 16 November 2021 : 19.13
Walikota Padang Hendri Septa serahkan bantuan paket kebutuhan dasar kepada kaum disabilitas. (humas)

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota Padang di bawah kepemimpinan Walikota Hendri Septa, terus memberikan bentuk perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat Padang, dalam hal ini bagi para kaum penyandang disabilitas.

Walikota juga menyerahkan bantuan program asistensi rehabilitasi sosial (atensi) Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) "Tan Miyat" di Bekasi itu kepada 168 penyandang disabilitas di Palanta Kediaman Resmi Walikota, Selasa (16/11/2021).

Walikota menyampaikan bantuan ini diupayakan pihaknya melalui Dinas Sosial (Dinsos) dalam rangka meningkatkan layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas. Kegiatan ini juga merupakan komitmen Pemko Padang terhadap pemenuhan hak disabilitas, serta sekaligus untuk menggugah kesadaran dan pemahaman bersama tentang pentingnya upaya pemajuan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan. 

"Kita bersyukur usulan kita diterima Kemensos melalui BRSPDSN "Tan Miyat" di Bekasi melalui program atensi. Alhamdulillah hari ini dapat kita serahkan secara simbolis kepada 168 penyandang disabilitas yang ada di Padang," ungkap walikota didampingi Kepala Dinsos Afriadi saat penyerahan.

Hendri Septa menyebut, dengan pemberian bantuan ini diharapkan para penyandang disabilitas dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan pemenuhan kebutuhan dasarnya. Selanjutnya meningkatkan kapasitas dan pengembangan diri disabilitas dan keluarga serta meningkatkan daya saing mereka.

"Kita atas nama Pemerintah Kota Padang menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Kemensos melalui BRSPDSN "Tan Miyat" di Bekasi yang telah menyalurkan bantuan yang sangat penting dan mulia ini. Semoga upaya yang kita lakukan tersebut bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang menerima dan dibalasi pahala berlipat ganda oleh Allah SWT," harap Walikota yang dalam kesempatan itu juga menyerahkan Piagam Penghargaan dari Pemko Padang kepada perwakilan BRSPDN "Tan Miyat" di Bekasi Kemensos.

Sedangkan Kepala Dinsos Afriadi menyebutkan jenis bantuan yang diserahkan sesuai dengan proposal bantuan yang disampaikan pihaknya ke Kemensos melalui BRSPDSN "Tan Miyat" di Bekasi. Di antara bantuan tersebut adalah berupa bantuan kebutuhan dasar, alat bantu kemandirian dan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) serta peningkatan kapasitas disabilitas melalui bimbingan sosial.

"Bantuan kali ini merupakan lanjutan, dimana pada tahap pertama bersumber dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Budi Perkasa di Palembang yang diserahkan langsung Mensos di BBPPKS Regional I Sumatera 2 Oktober lalu," katanya. 

Rincian 168 penyandang disabilitas Padang yang menerima bantuan itu adalah disabilitas rungu wicara 12 orang, fisik ringan 21 orang, fisik berat 29 orang, sensorik netra 6 orang dan disabilitas mental berjumlah 100 orang.

Hadir langsung saat itu Bendahara BRSPDSN Tan Miyat Serti Sitorus dan Fungsional Umum di BRSPDSN Tan Miyat Yufsin Sumirna. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved