arrow_upward

Mendagri Batal Datang, Komisi II Tunda Rapat Pengambilan Keputusan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Kamis, 07 Oktober 2021 : 19.16

 

Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Jakarta, Analisakini.id-Anggota Komisi II Guspardi Gaus menyatakan Komisi II DPR bersepakat menunda pelaksanaan Rapat Kerja (Raker) bersama pemerintah dan para penyelenggara pemilu membahas jadwal pemungutan suara Pemilu 2024. 

Menurutnya, Raker tersebut dijadwalkan berlangsung pada Rabu (6/10/2021) dengan mengundang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, para anggota KPU, Bawaslu, dan DKPP. 

“Rapat ditunda karena Mendagri berhalangan hadir. Mendagri mengirimkan surat ke Pimpinan Komisi II DPR meminta rapat ditunda,” kata Guspardi saat dihubungi  Rabu (6/10/2021).

Jadi, tentang kepastian tanggal pelaksanaan Pemilu ( Pileg & Pilpres) dan Pilkada 2024 belum ditetapkan. Rapat pengambilan keputusan akan dilakukan usai masa reses DPR atau awal November 2021.

Legislator asal Sumatera Barat itu menambahkan, Mendagri Tito Karnavian kemarin mengirimkan surat permohonan penundaan rapat karena ada rapat internal dengan Presiden Jokowi. 

Pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu belum satu suara tentang jadwal pemungutan suara.  KPU  mengusulkan tanggal pelaksanaan Pemilu diadakan pada tanggal 21 Februari 2024, sementara Pemerintah mengusulkan tanggal 15 Mei 2024. 

"Jika diperlukan, maka di sarankan Presiden mengundang ketua umum partai untuk mendiskusikan mengenai  hal-hal pokok yang prinsip serta  membangun komunikasi guna memberikan dukungan terhadap bagaimana bisa mencapai titik temu tentang jadwal, desain dan konsep Pemilu dan Pilkada 2024," pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved