arrow_upward

Paus Fransiskus dan Imbauan Moralnya

Kamis, 02 September 2021 : 16.46
Anwar Abbas.

Oleh Anwar Abbas

Kita memang kadang-kadang agak sulit mengerti karena sebelum dan setelah Amerika angkat kaki dari Afghanistan. Berbagai kecurigaan dan fitnah muncul terhadap Taliban. 

Padahal Taliban hari ini kalau kita dengar penjelasan dari juru bicaranya sudah punya pandangan dan paradigma yang sangat  berbeda dan jauh lebih terbuka dengan yang mereka miliki  sebelumnya. 

Bahkan mereka telah menyatakan siap untuk bekerjasama dengan negara-negara yang telah dan atau belum mengulurkan tangannya. 

Untuk itu kita-kita yang katanya menjunjung tinggi nilai-nilai  demokrasi hendaknya juga tahu diri karena kalau kita masih saja sinis dan memandang Taliban dan Afghanistan dengan penuh kecurigaan makasebenarnya kita telah menjadikan diri kita sendiri menjadi orang-orang yang anti demokrasi. 

Untuk itu kritik dan seruan dari Sri Paus Fransiskus benar-benar harus  menjadi perhatian kita semua. Beliau telah  menegur dan mengingatkan tidak hanya barat dan Amerika tapi seluruh manusia di dunia ini agar jangan memaksakan nilai, termasuk demokrasi terhadap Afghanistan. 

Beliau selanjutnya malah dengan suara keras meminta supaya menghentikan sikap tidak bertanggung jawab yang memberlakukan nilai-nilainya sendiri kepada orang lain dan berupaya untuk mengintervensi dari luar dan membangun demokrasi di negara lain tanpa memperhitungkan  masalah sejarah, etnis dan agama serta sepenuhnya  mengabaikan tradisi orang lain.

Pernyataan Paus Fransiskus ini tentu saja sangat menghentak dan sangat  patut didengar dan diperhatikan masyarakat dunia termasuk untuk kita-kita yang ada di negeri ini. Kita jangan sombong dan menganggap diri kita lebih hebat dan lebih baik dari orang dan bangsa lain. Apalagi kalau kita sampai-sampai menggurui dan memaksa mereka untuk mengikuti sikap dan pandangan kita. 

Sikap ini jelas-jelas  merupakan sikap yang tidak terpuji dan Sri Paus sudah mengingatkan kita semua tentang buruknya sikap dan pandangan  tersebut. 

Untuk itu beliau telah mengimbau masyarakat dunia tentang  bagaimana  sikap kita yang seharusnya yang lebih terpuji dan lebih mulia tentang Afghanistan. 

Dan apa yang beliau sampaikan tersebut  tentu saja sangat penting dan sangat perlu  kita perhatikan agar tercipta ketertiban dan perdamaian yang abadi di muka bumi ini. (***)

Penulis adalah Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved