arrow_upward

Mantap, Unand Raih Peringkat Delapan di Indonesia Versi Webometric

Minggu, 22 Agustus 2021 : 19.22

 

Kampus Unand

Padang, Analisakini.id – Universitas Andalas (Unand) berhasil meraih peringkat delapan dalam daftar perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric yang dirilis pada Agustus 2021 dimana pada bulan sebelumnya berada pada peringkat 26.

Rektor Unand Prof. Dr. Yuliandri, mensyukuri pemeringkatan yang baru dirilis di bulan ini dan menempatkan Unand pada peringkat delapan di Indonesia dan peringkat 967 di dunia.

Disampaikannya posisi ini merupakan upaya dari perbaikan segala bidang yang dilakukan Unand secara berkesinambungan.

Ia berharap peringkat ini dapat naik terus dan yang terpenting Unand dapat lebih berkontribusi lagi bagi bangsa Indonesia dan dunia.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Dilakukan sejak 2004, pemeringkatan ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. 

Tim Webometric LPTIK Unand yang dipimpin Ikhwan Arief, MSc mengemukakan ada beberapa faktor yang menjadi indikator dan metodologi untuk mendapatkan pemeringkatan tersebut diantaranya Pertama presence keterbukaan informasi publik yang dilihat oleh google dari website unand.ac.id

Kemudian, visibility poin ini sebagai dampak dari konten website yang diterbitkan oleh Unand yang diukur dengan banyaknya tautan eksternal ke domain Unand. 

Selanjutnya, transparansi atau openness yakni besarnya kutipan yang diterima oleh tulisan-tulisan dosen Unand yang terlihat pada profil dosen di Google Scholar.

Terakhir, excellence yang merupakan kontribusi dari peneliti yang tulisannya dikutip oleh artikel dari Scopus, WoS, PubMed dan pengindeks besar lain sehingga menjadi 10 persen dari pemuncak pada bidang ilmunya. 

Berikut sepuluh perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan pemeringkatan webometric Agustus 2021

1. Universitas Indonesia 

2. Universitas Gajah Mada 

3. IPB University

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

5. Universitas Brawijaya 

6. Universitas Airlangga

7. Telkom University

8. Universitas Andalas

9. Universitas Bina Nusantara

10. ITB (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved