arrow_upward

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Perjuangkan Anggaran Pembangunan Jalan Galugua ke Jakarta

Kamis, 01 Juli 2021 : 20.30

 

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama Wakil Bupati Limapuluh Kota, Riski Kurniawan Nakasari meninjau kondisi jalan di Galugua, Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (1/7). (adpim)

Limapuluh Kota, Analisakini.id-Pembangunan dua ruas jalan di Galugua, Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan anggaran yang cukup besar. Karena itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy akan mengupayakan pembangunannya menggunakan dana pemerintah pusat.

”Pembangunan dua ruas masing-masing Galugua-Pangkalan dan Galugua-Pasaman sudah menjadi kebutuhan. Diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp555 miliar,” katanya saat meninjau kondisi daerah terisolir di Limapuluh Kota itu, Kamis (1/7/2021).

Audy Joinaldy mengatakan, kalau mengandalkan dana APBD Provinsi Sumbar dan kabupaten untuk pembangunan jalan itu, akan butuh waktu lama hingga bertahun-tahun. Solusinya adalah mengupayakan dana pusat.

Potensi ekonomi yang ada di Galugua, terutama komoditi gambir dan jagung dengan luas lahan lebih dari 25 hektare, diyakini bisa menjadi alasan yang bagus untuk diajukan ke pemerintah pusat melalui Bappenas.

“Kalau kita hanya mengandalkan bahwa ini daerah terisolir dengan 750 KK, mungkin agak sulit untuk meminta bantuan. Karena kebutuhan anggaran yang sangat besar. Kita harus cari dasar pertimbangan lain yang lebih memungkinkan. Salah satunya potensi ekonomi daerah yang sangat besar di Galugua,” katanya.

Akses jalan akan memberikan nilai tambah bagi komoditas hasil pertanian masyarakat. Sekaligus juga akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan alasan yang tepat, diyakini Bappenas akan mengulurkan bantuan pembangunan dua ruas jalan tersebut.

Audy Joinaldy juga mengatakan pada kunjungan itu ia telah langsung mengambil data pendukung, foto dan video yang akan disampaikan secepatnya ke Bappenas.”Karena saat ini penyebaran Covid-19 di Jakarta sangat tinggi. Setelah kondisi agak kondusif kita langsung ajukan ke pusat,” katanya.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Riski Kurniawan Nakasari mengatakan pembangunan jalan di Galugua sudah menjadi cita-cita masyarakat dan pemerintah daerah. Namun karena anggaran yang sangat terbatas maka belum kunjung terealisasi.

“Kita mengajak Wakil Gubernur untuk meninjau langsung ke lokasi melihat kondisi ril di lapangan dengan harapan mendapat dukungan provinsi dan pusat dalam hal pembangunan jalan ini,” katanya.

Ia mengatakan akses jalan akan memangkas biaya distribusi. Sehingga akan bisa mendongkrak perekonomian masyatakat yang sebagian besar bergerak di bidang pertanian.

Dalam pertemuan itu, selain mengeluhkan jalan yang tidak layak, masyarakat Galugua juga mengeluhkan sulitnya jaringan internet dan mengharapkan dukungan pemerintah untuk mengatasi blank spot tersebut.

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas PUPR Sumbar, Asisten I Setda Limapuluh Kota, Kadis PUPR Limapuluh Kota dan beberapa kepala OPD, Camat Galugua dan Walinagari.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved