arrow_upward

Polsek Sungai Beremas Amankan 25 Unit Sepeda Motor, Ini Sebabnya

Selasa, 06 Juli 2021 : 00.06

Pasaman Barat, Analisakini.id - Polsek Sungai Beremas amankan 25 unit sepeda motor knalpot bising, dalam operasi yustisi dan knalpot bising di jalan lintas Jorong Kampung Padang Selatan, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Sabtu (3/7/2021) malam.

Operasi yang dilakukan bersama Koramil Air Bangis, Polair, pihak kecamatan dan Nagari tersebut, bertujuan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan menegakkan disiplin protokol kesehatan.

'Kami sita 25 unit sepeda motor berknalpot bising selama rasia, dan diamankan di Mako Polsek Sungai Beremas. 16 unit di antaranya kita lakukan penilangan, karena tidak bisa memperlihatkan surat-surat kendaraan dan tidak memiliki Surat izin Mengemudi (SIM)," ujar Kapolsek Sungai Beremas, IPTU. Alfian Nurman. SH.

Keberadaan knalpot bising banyak dikeluhkan masyarakat, karena dinilai sangat mengganggu. Terlebih, pada saat malam hari, di mana waktu istirahat.

"Ini sebagai tindak lanjut laporan masyarakat yang resah dengan suara bising yang dikeluarkan knalpot bising," ucapnya.

Menurut Kapolsek, semua kendaraan roda dua yang terjaring razia knalpot bising diamankan ke Mapolsek Sungai Beremas. Para pemilik kendaraannya diwajibkan untuk mengganti knalpot bisingnya dengan knalpot pabrikan.

"Jadi, sebelum diganti knalpotnya dengan yang pabrikan, sepeda motornya akan tetap ditahan. Kemudian knalpot bisingnya dihancurkan oleh si pemiliknya sendiri dan diamankan di Mapolsek sebagai barang bukti dengan catatan, surat-surat kendaraan harus lengkap," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya bersama pihak Koramil Air Bangis, Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Nagari juga memberikan imbauan dan edukasi tentang protokol kesehatan.

"Kami juga mengedukasi para pengguna jalan untuk disiplin menjalan prokes terutama memakai masker dan menjaga jarak, karena pandemi Covid-19 ini belum selesai," ujarnya. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved