arrow_upward

Perhatian, Epidimiolog Sarankan Anjing dan Kucing Juga Harus Terapkan PPKM Pula

Minggu, 11 Juli 2021 : 21.11


Padang, Analisakini.id-Ini berita serius dan disarankan untuk diikuti. Beritanya begini.

Virus Covid-19 bukan hanya menyebar antar-manusia tapi juga antar-hewan. Oleh karena itu, pemilik hewan peliharaan tidak bisa sembarangan membiarkan hewan berkeliaran keluar rumah.

Epidimiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, hewan peliharaan bisa meningkatkan risiko paparan covid-19 yang mungkin dibawa si hewan karena dia terinfeksi covid-19 di luar rumah.

Dalam penelitiannya, WHO menyebut penularan virus dari hewan ke manusia atau zoonosis dapat terjadi pada hewan piaraan atau hewan liar. Karena itu, sangat penting untuk mencegah pengenalan zoonosis lebih lanjut dari SARS-CoV-2 ke manusia. WHO pun terus berkolaborasi dengan ahli kesehatan hewan dan kesehatan manusia.

"Saya kira dokter hewan sudah harus mulai bergerak, termasuk dinas kesehatan hewan. Mereka harus memberi pemahaman dan bagaimana mencegah Covid-19 pada manusia maupun hewan. Menjaga kesehatan ini penting sebagai upaya pencegahan," katanya.

Meskipun tidak darurat, tetapi hal ini harus disikapi serius. Oleh karena itu, Dicky pun mengimbau para pemilik hewan peliharaan tidak membiarkan hewannya "keluyuran" karena dapat membawa virus ke rumah atau si hewan sakit karena terinfeksi virus.(sumber harianhaluan.com)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved