arrow_upward

Harga Kelapa Sawit Naik, Petani Pasbar Senang

Senin, 05 Juli 2021 : 20.34

 


Pasaman Barat, Analisakini.id - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit atau buah kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) naik. Kini harga kelapa sawit itu mencapai Rp2.025 per kilogram.

"Harga TBS di tingkat petani saat ini cukup tinggi mencapai Rp2.025 per kilogram, harga tersebut mengalami kenaikan dibandingkan harga sebelumnya yang hanya Rp1.955 per kilogram," kata Manager PKS PT. Bintara Tani Nusantara (BTN), Vorys, Senin (5/7/2021).

Menurutnya, kenaikan harga ini tentu membantu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Pasaman Barat, khsusunya di lingkungan perusahaan itu sendiri. Terlebih, harga TBS kelapa sawit selalu berubah-ubah.

"Ketetapan harga mencapai Rp2.025  per kilogram merupakan harga yang dibeli oleh pihak pabrik pengolahan CPO seperti PT. Bintara Tani Nusantara (BTN) yang merupakan perusahan Incasi Raya Group," katanya.

Dia mengaku sangat termotivasi dengan kenaikan harga TBS kelapa sawit itu. Para petani mulai banyak yang kembali menanam kelapa sawit.

"Tingginya animo masyarakat menanam kelapa sawit terbukti dari sejumlah pembibitan yang mengalami kewalahan memenuhi permintaan bibit dari masyarakat yang akan memperluas perkebunan kepala sawit," tuturnya.

Dia berharap harga kelapa sawit tinggi. Dengan demikian memberikan dampak positif dalam pemulihan ekonomi masyarakat selama pandemi Covid-19. (bis)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved