arrow_upward

Gubernur Mahyeldi Tantang Gagasan Pemuda Majukan Jorong V Pertemuan

Thursday, 22 July 2021 : 22:49

 

Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Kadis LH Siti Aisyah dan Kadishut Yozarwardi Usama Putra menaiki perahu menuju Jorong Pertemuan. (adpim).

Pasaman, Analisakini.id-Dalam satu bulan ke depan, Gubernur Sumbar Mahyeldi minta pemuda Jorong V Pertemuan datang bersama tokoh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Pasaman, anggota DPRD ke Gubernuran.

"Bawa proposal, gagasan kegiatan apa yang akan dilakukan dalam percepatan kesejahteraan masyarakat Jorong V Pertemuan Nagari Muaro Sungai Lolo ini," kata  Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada para pemuda jorong V Pertemuan Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Marpat Tunggul Selatan dalam pertemuan dan silaturrahmi di masjid Raya Muklisin Jorong V Pertemuan, Rabu (21/7/2021). 

Hadir dalam pertemuan tersebut, anggota DPD RI Muslim Yatim, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, beberapa OPD terkait di lingkup Pemprov Sumbar seperti Kadishut Yozarwardi Usama Putra, Kadis Lingkungan Hidup Siti Aisyah, Ketua Ikatan Trail Adventure dan tim trabas sosial pembagian daging kurban 1442 H. 

Gubernur Sumbar juga katakan, putra dan putri daerah wajib berikan kontribusi pemikiran, tenaga dan kerjabersama apa-apa yang mesti dilalukan dalam persoalan yang ada beri solusi yang cepat membantu tingkatkan kesejahteraan masyarakat kampung halamannya masing-masing. 

"Begitu banyak potensi daerah masyarakat jorong V Pertemuan Nagari Muaro Sungai Lolo, ada gambir, serai wangi, atsiri, karet dan ikan garing, serta karya budaya masyarakat yang ada. Karena itu para pemuda mesti bangkit mampu berikan kerja nyata majukan kampung halamannya," ajak Mahyeldi.

Mahyeldi sampaikan saat ini di daerah  Padang Pariaman ada pengembangan tanaman pinang wangi dan kelapa Kampung Dalam hasil kualitas unggul yang akan di tebar di Sumbar agar nanti bisa sejahterakan masyarakat. 

"Hal-hal positif dalam pengembangan pertanian dan perkebunan di daerah subur perlu terus kita kembangkan baik, bibit maupun alat-alat sarana prasarana yang membuat produksi lebih unggul. Dan untuk daerah terisolir dan tertinggal ini dapat menjadi perhatian kita bersama agar ada percepatan kesejahteraan dalam pendapatan mereka,"ujarnya. 

Anggota DPD RI Muslim Yatim juga menyampaikan, kehadiran gubernur Sumatera Barat  di daerah terisolir Jorong V Pertemuan ini menjadi berkah kemajuan dan jorong ini bakal banyak di kunjungi banyak orang nantinya. 

"Karena itu perlu disiapkan sarana wc umum, karena istilah ke sungai tidaklah elok bagi tamu-tamu kita nantinya. Jorong Pertemuan daerah yang tertinggal dalam segala hal ini perlu berbenah dimulai dari masyarakatnya membuka diri dan tingkatkan produktivitas daerah, apakah gambirnya, minyak serai wangi dan lain-lain kunjungan banyak orang itu akan membawa keberuntungan" ajaknya.

Muslim Yatim juga menyampaikan, saat ini Pemkab Pasaman sedang memproses pembangunan infrastruktur jalan secara bertahap dan Pemprov Sumbar juga ikut membangun sesuai kewenangannya.

"Dulu belum berlampu listrik, saat ini sudah ada bantuan listik solar panel yang dibantu gubernur 40 rumah melalui program listrik mandiri (Linmar). Sudah ada listrik tentunya pelaksanaan ibadah akan lebih baik lagi, mengaji dan sholat malam," ujarnya terharu. 

Muslim juga imbau para sarjana dan mahasiswa asal Jorong Pertemuan yang saat ini ada lebih kurang 60 orang menjalani perkuliahan di Padang, Bukittinggi diharapkan serius meningkatkan kemajuan diri dan ikut serta memikirkan dan cari solusi memajukan kampung ini. 

"Pendidikan salah satu sarana untuk mengubah nasib dan membangun daerah ini, jangan tunggu perhatian pemerintah akan tetapi mesti aktif secara bersama-sama mendekatkan diri dengan pemerintah untuk bersama sama membangun memajukan dan mensejahterakan jorong Pertemuan ini," ujarnya yakin. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved