arrow_upward

Wakili Padang Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi, TP-PKK KPIK Optimis Jadi yang Terbaik

Saturday, 12 June 2021 : 10:17

 

Walikota Padang Hendri Septa dan Ketua TP PKK Padang Genni Hendri Septa bersama Ketua TP PKK Sumbar Harneli Bahar Mahyeldi.(humas).

Padang, Analisakini.id-Walikota Padang Hendri Septa menyambut baik dan mengapresiasi atas telah dinilainya Tim Penggerak- Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto (KPIK), Kecamatan Koto Tangah, yang mewakili Kota Padang dalam ajang Penilaian/Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 2021.

Penilaian dilakukan oleh Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Bahar yang juga Ketua TP-PKK Sumbar beserta rombongan di Kantor Lurah KPIK, Jumat (11/6/2021).

Rombongan Tim Penilai pun disambut hangat dan antusias oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda beserta pengurus, Ketua TP-PKK Kecamatan Koto Tangah Ny. Dwi Lestariwati Thalib dan Ketua TP-PKK Kelurahan KPIK Ny. Nensi Suspita. 

Selain itu juga hadir Anggota DPRD Kota Padang Rustam Efendi, Camat Koto Tangah Junie Nursyamza beserta lurah dan elemen masyarakat di kelurahan setempat.

Walikota Padang menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang berharap TP-PKK Kelurahan KPIK yang mewakili Kota Padang dalam ajang tersebut nantinya bisa menjadi yang terbaik sehingga berhak  maju ke tingkat nasional mewakili Sumatera Barat.

"Kita berharap, mudah-mudahan kerja keras dari seluruh kader-kader PKK, elemen masyarakat dan semua pihak yang mendukung berbuah manis," harapnya.

Menurut Hendri, di samping mengejar kesuksesan pada ajang Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2021 tersebut ada hal yang lebih penting lagi. Yaitunya bagaimana TP-PKK baik di tingkat Kota Padang hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan dan kontribusi yang terbaik bagi masyarakat Kota Padang.

"Intinya TP-PKK bukan saja hadir untuk mengejar penilaian ini semata, tapi bagaimana sesuai 10 program pokoknya selalu hadir di tengah masyarakat. Alhamdulillah, sejauh ini kita memang merasakan TP-PKK Kota Padang banyak berkontribusi dan berperan aktif bagi masyarakat Kota Padang khususnya," cetus walikota milenial itu mengapresiasi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar Ny. Harneli Bahar mengatakan, ajang penilaian ini adalah bagian dari program kerja TP-PKK Sumbar untuk memantau, serta mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan. 

"Walaupun TP-PKK Pusat telah memutuskan tahun 2021 ini tidak melaksanakan Lomba Gerakan PKK Tingkat Nasional, namun kita di Provinsi Sumatera Barat alhamdulillah diizinkan untuk melaksanakannya," ungkapnya.

Harneli menjelaskan, pada Penilaian Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2021 tersebut ada 5 (lima) jenis lomba yang akan dinilai. Pertama Penilaian Tertib Administrasi PKK, kedua Penilaian Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI) (Pokja I) dan ketiga Penilaian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK (Pokja II). Kemudian yang keempat Penilaian Kawasan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya PKK) (Pokja III) dan kelima Penilaian Keluarga PKK Gagah Bencana (Pokja  IV).

"Berhubung situasi sekarang masih dalam pandemi Covid-19, maka rangkaian penilaian diawali dengan pertemuan umum, ekspos oleh Ketua TP-PKK Kelurahan KPIK serta dilanjutkan kunjungan lapangan dan wawancara terhadap lima kategori penilaian gerakan PKK tersebut," jelas istri Gubernur Sumbar Mahyeldi itu.

Pada saat yang sama Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda mengatakan, terpilihnya TP-PKK Kelurahan KPIK mewakili Kota Padang pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2021 tersebut karena mempunyai kelebihan dari TP-PKK kelurahan yang lain di Kota Padang. Khususnya terhadap lima kategori penilaian yang telah ditentukan.

"Kita PKK Kota Padang insya Allah akan terus berupaya melaksanakan 10 program pokok PKK di tengah masyarakat. Sebagaimana sesuai visi gerakan PKK yaitu "Terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin."

Sementara tambah Genny lagi, sesuai misi, Gerakan PKK adalah meningkatkan pembentukan karakter keluarga melalui penghayatan, pengamalan Pancasila, kegotong royongan serta kesetaraan dan keadilan gender. Lalu meningkatkan pendidikan daan ekonomi keluarga melalui berbagai upaya keterampilan dan pengembangan koperasi.

"Kemudian meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemenuhan pangan, sandang dan perumahan sehat dan layak huni serta meningkatkan derajat kesehatan keluarga, kelestarian lingkungan hidup serta perencanaan sehat. Begitu juga meningkatkan pengelolaan Gerakan PKK meliputi kegiatan pengorganisasian dan peningkatan Sumber Daya Manusia," paparnya.

Dalam kesempatan itu Ketua TP-PKK Kelurahan KPIK Ny. Nensi Suspita juga menyampaikan ekspos kegiatan sesuai lima kategori Lomba Gerakan PKK Tingkat Sumbar 2021 di hadapan tim penilai.(***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :


Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved