arrow_upward

Wagub Audy Tegaskan Program Vaksinasi agar Sumbar Aman dari Penyebaran Covid-19

Minggu, 27 Juni 2021 : 18.07

 

Wagub Sumbar Audy Joinaldy meninjau pelaksanaan vaksinasi di SD Angkasa Lanud Sutan Syahrir Padang, Minggu (27/6/2021).ist

Padang, Analisakini.id- Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menekankan program vaksinasi COVID-19 yang tengah gencar dilaksanakan dengan sinergisitas antara pemerintah daerah, TNI/Polri bertujuan untuk menjadikan masyarakat dan daerah itu lebih aman dari penyebaran COVID-19.

"Vaksinasi ini supaya Sumbar lebih aman. Agar kondisi bisa normal kembali secepatnya sehingga masyarakat bisa berusaha seperti biasa lagi," katanya usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di SD Angkasa Lanud Sutan Syahrir Padang (27/6).

Wagub mengatakan sehari sebelumnya ia juga menghadiri vaksinasi gratis bersama Kapolda Sumbar, Dandrem 032/WBr, Danlantamal dan Danlanud di Lapangan Imam Bonjol Padang, Lapas, dan Teluk Bayur.

Hari ini, masih dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi di Sumbar ia kembali datang untuk memberikan dukungan moril pada tim yang memberikan vaksinasi di Lanud Padang.

"Ini memang benar-benar sebuah sinergitsitas seluruh stakeholder pemerintahan yang ada di Sumbar. Pemerintah, TNI seluruh matra dan Polri semua bergerak meningkatkan capaian vaksinasi agar Sumbar lebih aman," ujarnya.

Komandan Lanud (Danlanud) Sutan Sjahrir Kolonel Pnb M.R.Y. Fahlefie​ menambahkan vaksinasi yang dilakukan hari ini fokus pada keluarga TNI AU dan masyarakat yang berada di sekitaran Lanud.

Ada dua tim vaksinator dari Dinas Kesehatan Sumbar dan TNI AU yang ditugaskan. Dua tim tersebut bisa memberikan vaksinasi bagi 200-250 orang per hari.

"Kalau jumlah tim ditambah, kita juga bisa tingkatkan capaian harian," katanya.

Hingga Jumat (25/6) capaian vaksinasi COVID-19 di Sumbar masih pada angka sekitar 26 persen. 

Vaksinasi massal dalam rangka Gebyar Vaksinasi yang digelar oleh Polda Sumbar dan jajaran TNI diyakini bisa meningkatkan capaian secara signifikan.

Ditargetkan dalam satu minggu ke depan, capaian vaksinasi di Sumbar bisa naik hingga 45 persen dan terus meningkat.

Kegiatan vaksinasi di Lanud Padang itu juga ikut dihadiri oleh Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto.

Sebelumnya Audy menargetkan capaian vaksinasi bisa naik secara signifikan dalam satu minggu ke depan dari awalnya hanya 26 persen menjadi 45 persen. Target itu disampaikannya saat meninjau Gebyar Vaksin di Lapangan Imam Bonjol Padang, Sabtu(26/6)

Wagub meminta jajaran Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Kota untuk segera menginput data pada hari kerja Senin (28/6). Setelah semua terinput akan nampak peningkatan yang signifikan.

Audy menyebut dalam beberapa hari terakhir ada dua daerah yang terlihat peningkatan vaksinasi yang signifikan yaitu Solok Selatan dan Pasaman.

Ia juga meminta kesediaan tokoh-tokoh di daerah mulai dari Ninik Mamak, ulama hingga pengurus RT untuk mau menjadi contoh dalam vaksinasi ini.

Selain vaksinasi yang dilaksanakan Polda Sumbar bersama Forkopimda, TNI juga melaksanakan vaksinasi gratis dengan target 10 ribu orang pada hari ini.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan hari ini dilaksanakan vaksinasi secara serentak pada 124 titik di 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

Sementara sejak seminggu terakhir vaksinasi yang dilaksanakan Polda Sumbar dalam rangkaian Gebyar Vaksin sudah lebih dari 20 ribu sehingga minimal hingga Senin depan tervaksin 25 ribu orang lebih. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved