arrow_upward

Mengenal Calon Sekdaprov Sumbar, Maswar Dedi, Pejabat Ulet Berjaringan Mumpuni

Senin, 21 Juni 2021 : 15.49

Maswar Dedi.

Padang, Analisakini.id-Maswar Dedi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar adalah satu dari empat pejabat Pemprov Sumbar yang lulus tes membuat makalah untuk seleksi calon Sekdaprov.

Yang lulus tes tahap ini ada delapan orang dan kedelapan pejabat ini pun sudah mengikuti tes kompetensi yang diadakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan tes kesehatan di RSUP Dr. Djamil Padang. Hasilnya seperti yang disampaikan ketua panitia seleksi Calon Sekdaprov Sumbar Hamdani sebelumnya, akan diumumkan Kamis (24 Juni 2021). "Tunggu saja hasilnya," singkat Hamdani.

Bagaimana peluang Maswar Dedi menuju kursi Sekdaprov? "Semua kandidat punya peluang sama. Tunggu sajalah pengumuman Kamis. Dan setelah itu, masih ada tahapan berikutnya, yaitu tes wawancara oleh pansel, setelah itu baru diserahkan kepada Gubernur dan Gubernur mengusulkan tiga nama kepada Presiden untuk dipilih satu diantaranya,'terang Hamdani lagi.

Maswar Dedi, meski usia tergolong muda, kelahiran 18 Juni 1974, tapi soal pengalaman jangan ditanya. Termasuk senior. Sebelum dilantik oleh Gubernur Sumbar sebagai Kepala DPMPTSP Sumbar pada 26 Agustus 2016, adalah pejabat eselon II di Pemkab Pesisir Selatan. Cukup lama juga di sini dan beberapa jabatan yang diamanahkan kepada Maswar Dedi.

Selama diamanahkan di DPMPTSP Sumbar, Maswar Dedi, cukup banyak terobosan dan inovasi yang dilahirkan. Dan ini selain berbuah kepada naiknya investasi di Sumbar, juga diraihnya beberapa penghargaan atas keberhasilan itu.

"Beliau tipe pekerja. Lincah dan gesit. Apalagi dalam membina hubungan kemitraan dengan semua lini terutama Forkopimda. Ini adalah modal untuk menduduki kursi Sekdaprov yang memang butuh figur yang jago membangun kemitraan ini," sebut seorang pamong senior rumah bagonjong (sebutan untuk kantor gubernur) yang enggan dituliskan namanya.

Pamong senior ini bukan angkek talua atau opok-opok Maswar Dedi. Salah satu buktinya dan cukup viral, berkat hubungan kemitraan yang baik dengan pihak kejaksaan tinggi, di kantor DPMPTSP Sumbar bisa dihadirkan ruang konsultasi hukum. Kajati Sumbar Anwarudin Sulistiyono hadir bersama Gubernur Mahyeldi yang langsung meresmikan, Kamis (17/6/2021) lalu.

Bahkan jika dikorelasikan dengan tipikal kepemimpinan Gubernur Mahyeldi-Wagub Audy Joinaldy, yang bergerak cepat, cermat, tepat dan sigap dalam pembangunan Sumbar, Maswar Dedi dianggap cocok. Sebab, gaya kepemimpinan Mahyeldi-Audy tersebut, butuh sosok Sekdaprov yang sigap, cepat, tepat dan sigap pula. Maswar Dedi juga seperti itu. Dan rasanya mampu mengimbangi kecepatan Gubernur dan Wagub.

Begitu pula dilihat dari tekad Gubernur Mahyeldi yang mengupayakan mendatangkan investor baik lokal, nasional hingga internasional, butuh seorang Sekdaprov yang juga piawai di sini. Maswar Dedi sudah lama menggeluti dunia ini dan tentu saja menjadi modal baginya untuk merealisasikan impian mulia dan niat ikhlas Gubernur-Wagub Sumbar untuk mendatangkan investasi ke Sumbar.

Kalau sudah begitu dan cukup banyak yang cocok, muluskah langkah Maswar Dedi menuju kursi Sekdaprov Sumbar? Bisa mulus, bisa pula tidak, karena banyak tahapan lagi yang dilalui. Tapi proses seleksi yang ditangani Pansel, sebut Ketua Pansel Hamdani memastikan diterapkan secara profesional, tidak neko-neko dan jelas indikatornya.

Lalu? "Tunggu sajalah," singkap Hamdani. (effendi)


Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved