arrow_upward

Jadi Tulang Punggung Atasi Masalah Masyarakat, Rektor Puji Fateta Unand,

Tuesday, 8 June 2021 : 17:42
Gubernur Sumbar Mahyeldi bersama Rektor Unand Prof Yuliandri didampingi Warek III Unand Insannul Kamil dan Dekan Fateta Unand Feri Arlius.(ist)

Padang, Analisakini.id-Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof. Yuliandri memuji civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) saat menyampaikan pidato dalam rapat senat terbuka Dies Natalis ke-13 Fateta Unand, Selasa (8/6/2021) di kampus Unand Limau Manis.

"Kita ucapkan selamat dan apresiasi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian, termasuk kiprah lainnya yang telah diperlihatkan oleh alumni dalam berbagai bidang. Ini bukti atas kinerja  yang telah dilakukan telah dilaksanakan dengan sangat baik, dan tepat sasaran," kata Rektor.

Disebutkan, kondisi saat ini, masih banyak tantangan dan hambatan ke depan yang harus dihadapi. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa pengembangan dan dukungan bidang teknologi pertanian.  Apalagi dalam suasana pandemi covid- 19 ini telah dapat menjadi tulang punggung dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Rektor juga memberikan perhatian khusus dengan Tema Dies Natalis Fateta, yakni: Inovasi dan Karya Nyata untuk Keilmuan dan Masyarakat, sangat tepat. Karena, dengan tantangan dan perkembangan saat ini, menjadi pilihan strategis dalam memilih tema Dies.

"Ada beberapa alasan utama, yang dapat dijadikan dasar pengembangan teknologi pertanian: Pertama, dapat meningkatkan produksi dan nilai tambah hasil pertanian; Kedua, harus ada kolaborasi antara kampus dengan stakeholders sangat diperlukan untuk menghasilkan inovasi- inovasi baru, sehingga dapat diimplementasikan di tengah- tengah masyarakat," katanya.

Rektor juga menyebutkan, dalam pengembangan sekarang, Unand senantiasa berupaya untuk meningkatkan berbagai capaian pembelajaran lainnya, termasuk pencapaian indikator kinerja utama, baik dari sumber daya manusia, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta inovasi lainnya, di samping jumlah ahasiswa termasuk mahasiswa asing, yang selalu ditingkatkan, walaupun pada masa pandemi covid- 19 ini jumlah mahasiswa asing berkurang, karena banyak yang kembali ke negara asal, serta tidak jadi datang dan mendaftar.

Kemudian dalam suasana pandemi covid- 19 ini, Unand juga telah berkontribusi dalam memberikan berbagai peran dan sumbangan pemikiran untuk pengambilan kebijakan bagi pemerintah, baik secara ekonomi, sosial, dan juga bidang kesehatan. 

Unand juga punya Rumah Sakit Pendidikan yang dijadikan RS rujukan dalam penanggulangan, pencegahan dan perawatan pasien yang terkonfirmasi positif covid- 19.

"Melalui Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi di FakultasKedokteran, yang sampai saat ini telah memeriksa ratusan ribu sampel swab, dan mendapat berbagaibantuan dan dukungan serta apresiasi atas kinerja Tim Lab, baik dari Pemerintah Pusat, Daerah, serta BNPB dan kalangan lainnya BUMN/D serta pihak swasta dan badan usaha lainnya, "terang Rektor. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved