arrow_upward

Jabatan Struktural Instansi Daerah Dipangkas, Kemendagri: 18 Pemprov Telah Divalidasi, Ini Daftarnya

Selasa, 29 Juni 2021 : 16.09
Akmal Malik.

Jakarta, Analisakini.id-Penyederhanaan birokrasi menjadi salah satu fokus pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dimana hal tersebut dilakukan dengan penyederhanaan jabatan struktural hanya menjadi dua tingkat yakni eselon I dan II.

Pemangkasan juga dilakukan di lingkup instansi pemerintah daerah. Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik mengungkapkan Kemendagri berkolaborasi dengan KemenPAN-RB dalam implementasi penyederhanaan birokrasi di instansi pemerintah daerah (pemda).

Akmal menjelaskan secara teknis implementasi penyederhanaan birokrasi di lingkup Pemda, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian PAN-RB.

"Tujuannya, agar Pemda tidak bingung dalam implementasinya sehingga diharapkan percepatan implementasi penyederhanaan birokrasi,” katanya dikutip dari siaran pers Puspen Kemendagri, Selasa (29/6/2021).

Akmal menjelaskan kegiatan penyederhanaan birokrasi meliputi dua aspek yaitu penyederhanaan struktur dan penyetaraan jabatan. Dia mengatakan saat ini Kemendagri sedang memfokuskan pada penyederhanaan struktur.

“Mekanisme dalam penyederhanaan struktur terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya usulan pemerintah daerah, validasi, tindak lanjut hasil validasi, pertimbangan teknis, dan persetujuan,” ungkapnya.

Adapun persetujuan penyederhanaan struktur bagi pemerintah daerah provinsi oleh Kemendagri atas pertimbangan teknis Kementerian PANRB. Sedangkan persetujuan penyederhanaan struktur bagi pemerintah daerah kabupaten/kota oleh pemerintah daerah provinsi atas pertimbangan teknis Kemendagri.

“Saat ini kurang lebih ada 128 pemerintah daerah kabupaten/kota yang telah kami berikan pertimbangan teknis penyederhanaan struktur. Kemudian ada 18 pemerintah provinsi yang telah kami validasi dan diserahkan ke Kementerian PANRB untuk mendapatkan pertimbangan teknis," terang Akmal.

Bagi pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota yang telah mendapatkan pertimbangan dan persetujuan maka telah dapat menetapakan SOTK baru dalam Peraturan Kepala Daerah. Selanjutnya, pemerintah daerah diminta untuk segera mengusulkan dalam penyetaraan jabatan.

Dari data, Pemprov Sumbar belum ada termasuk 19 kabupaten/kota.

Berikut update data Pemprov yang sudah disampaikan kepada Menpan-RB untuk mendapat pertimbangan teknis.









Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved