arrow_upward

Ini Titik Lengah Penularan Corona Saat Idul Adha, Waspadalah

Rabu, 23 Juni 2021 : 22.29

 

Foto: Ilustrasi hewan kurban. (AP/Achmad Ibrahim)

Jakarta, Analisakini.id-Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Dr. Sonny Harry B Harmadi mengungkapkan sejumlah titik lengah saat pelaksanaan kegiatan Idul Adha. Hal itu harus diantisipasi dengan baik agar tidak mempercepat penularan virus corona penyebab Covid-19.

Dalam media briefing yang disiarkan kanal Youtube BNPB pada, Rabu (23/6/2021), berikut adalah titik-titik lengah yang dimaksud:

a. Interaksi antarwarga yang melihat hewan ternak

b. Pada saat penyembelihan hewan kurban

c. Penggunaan alat potong bersama

d. Kontak fisik saat mendistribusikan hewan sembelih

e. Interaksi antarpetugas di lapangan

f. Penggunaan peralatan atau perlengkapan terkait seperti alat timbang

g. Pengemasan daging sembelih yang harus sebisa mungkin terhindar dari kontaminasi virus,

h. Masyarakat yang kemungkinan berkerumun dalam menyaksikan kegiatan pemotongan

i. Pendistribusian daging ke masyarakat.

"Tentu teman-teman MUI sudah menyampaikan sesuai dengan fatwanya bahwa salat di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tinggi zona merah dan zona oranye agar dilakukan di rumah masing-masing. Lalu kemudian salat dapat diadakan di masjid dan masjid hanya di daerah risiko rendah atau zona hijau dan zona kuning berdasarkan zonasi yang ditetapkan," kata Sonny seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Lebih lanjut, dia mengucapkan terima kasih atas dukungan MUI. Sonny juga berterima kasih atas berbagai fatwa yang sudah diterbitkan MUI.

"Sehingga informasi atau fatwa yang sudah dikeluarkan sampai kepada seluruh pelaksana panitia Idul Adha nanti," ujarnya.

"Kami di bidang perubahan perilaku akan mendiseminasikan informasi tentang apa yang sudah diputuskan teman-teman MUI dalam rangka pelaksanaan Idul Adha aman dari Covid-19. Kedua, kami ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat ada beberapa titik lengah saat pelaksanaan kegiatan Idul Adha yang perlu untuk diantisipasi dengan baik," lanjut Sonny. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved