arrow_upward

Hendri Pangaribuan Jadi Ketua Gapensi Padang, Tender Pekerjaan Konstruksi Jadi Sorotan Pelaku Usaha

Friday, 4 June 2021 : 15:55
Walikota Padang Hendri Septa memukul gong membuka Muscab X BPC Gapensi Kota Padang. (ist)

Padang, Analisakini.id-Hendri Pangaribuan terpilih sebagai Ketua BPC Gapensi Padang dalam Muscab X Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Seluruh Indonesia (Gapensi) Kota Padang, di Hotel Truntum Padang, Kamis (3/6/2021). 

Hendri terpilih setelah melakuan voting pemilihan Ketua Gapensi Padang periode 2021-2026. Dia memperoleh 71 suara dari dari total 135 suara. Hendri mengungguli sejumlah calon lainnya seperti Arsil Marta Saputra, Hardana Mendogza, dan Andry Boer.

Sementara dalam Muscab itu, proses tender untuk pekerjaan konstruksi (pembangunan fisik) menjadi sorotan pelaku usaha yang bergerak di bidang konstruksi. Soalnya selama ini proses tender hampir selalu memenangkan penawaran yang bernilai rendah. Jika pembiayaan ditekan dikhawatirkan berpengaruh pada kualitas konstruksi bangunan.

“Selama ini kebanyakan pemenang tender adalah penawar yang terendah ketika masuk dalam sistem tender. Padahal belum tentu hasil atau kualitas bangunan yang dibuat bagus,” kata Ketua BPC Gapensi Padang periode 2016-2021 Yendril di sela-sela Muscab.

Yendril menyebutkan, seharusnya panitia tender mempelajari dari berbagai aspek. Penurunan anggaran dari harga tender tentu bisa dilakukan. Namun jika sudah sampai penurunan diangka 20-30 persen tentu patut dikaji ulang.

"Jika penurunan atau penawaran turun hingga 30 persen, perlu dilakukan kajian mutu dan kualitas bangunan yang dihasilkan. Makanya jangan selalu yang terendah yang menang tender Kita khawatir pekerjaan konstruksi itu tak bisa digunakan dengan maksimal," kata mantan anggota DPRD Padang dua periode ini.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa yang membuka muscab tersebut menyebutkan, selaku wadah atau organisasi bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi, Gapensi sejatinya memiliki peran dan kontribusi yang cukup besar dalam menciptakan kemajuan dunia usaha yang profesional dan kompetitif.

Sektor konstruksi saat ini dan ke depan memiliki peran strategis, sehingga perlu pembinaan yang lebih serius lagi. Baik dalam bentuk pemahaman regulasi dan teknologi serta. pemberdayaan melalui pengawasan oleh seluruh instansi terkait.

"Dengan itu diharapkan, para pelaku usaha jasa konstruksi di Kota Padang dapat bersinergi dan meningkatkan kompetensi sesuai kebijakan atau peraturan yang baru disertai penguasaan teknologi terbaru di bidang konstruksi,” ujar Hendri yang juga Sekretaris Badan Pengurus Daerah (BPD) Gapensi Sumbar tersebut.

Katanya, sebagai salah satu mitra dari Pemko Padang, semoga Gapensi diminta terus mendukungpertumbuhan ekonomi melalui sektor konstruksi. Dalam kesempatan itu hadir Ketua BPD Gapensi Sumbar Darmizon dan Ketua Kadin Padang Irfan Amran. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved