arrow_upward

Gubernur Tegaskan Koperasi Harus Mampu Bertranformasi Digital

Tuesday, 1 June 2021 : 16:29

 

Gubernur diwakili Pj. Sekdaprov Benny Warlis didampingi Ketua PKP RI Sumbar Hadi Suryadi memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi. (givo)

Padang, Analisakini.id-Seiring perkembangan zaman dan sudah memasuki era revolusi industri 4.0, koperasi harus mampu bertranformasi digital. Mesti memgimplementasikan informasi teknologi seperti membuat sistem pelaporan keuangan digital yang bisa diakses anggota hingga memasarkan produk koperasi.

Harapan itu disampaikan Gubernur Sumbar dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP RI) Sumbar, belum lama ini di Padang.

Gubernur Sumbar diwakili Pj. Sekdaprov Benny Warlis menjelaskan hal itu juga sesuai dengan program yang diarahkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM yaitu meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/menengah serta ekonomi berbasis digital.

"Kita berharap agar koperasi berupaya mencari peluang usaha dan terobosan baru serta melakukan kerja sama antar koperasi sehingga manfaat dan tujua koperasi dapat juga dirasakan oleh seluruh masyarakat,' kata gubernur.

Sedangkan Ketua PKP RI Sumbar, Hadi Suryadi melaporkan jumlah anggota hingga 31 Desember 2020 mencapai 526 KPRI dan jumlah anggota perseorangan mencapai 84.630 orang. Aset koperasi pada 2020 Rp53.099.647.696,- lebih naik ketimbang tahun sebelumnya. 

"Begitu pula, jumlah pinjaman pada tahun 2020 naik menjadi Rp46.620.000.000 dan modal sendiri ketimbang tahun 2019, pada 2020 naik menjadi Rp44.831.541.683,'katanya.

Ikut memberikan sambutan Ketua Dekopin Sumbar Hendra Irwan Rahim dan berharap RAT kali ini dijadikan momentum melahirkan program yang pro anggota dan rakyat.

Dalam RAT itu ditetapkan pula pengurus baru PKP RI Sumbar periode 2021-2025, yaitu Ketua Hadi Suryadi (Ketua Lama),  WaKa Nasfizal Gusfendri (IAIN Btskr),  Sekretaris Yasdi (Diperta Pessel), Wasek Asnel (KPN Pemko Padang) dan bendahara Fauzen Yazid. Sedangkan Pengawas, Ell Yawardi (koordinator), Anggota  Sy.Dt Intan Batuah dan Abdul Gani (KPN Handayani 50 Kota).

Inilah pengurus PKP RI Sumbar periode 2021-2025 yang diketuai oleh Hadi Suryadi. (ist)

Penghargaan juga diberikan kepada koperasi berprestasi pada 2020 yaitu KPRI Kogussel Kec. Kubung (1), KPRI Tunas Jaya (2), KPN Pemko Padang (3), KPRI Kec. Tanjung Mutiara (harapan I), KPRI Ikhwan Kemenag Payakumbuh (harapan 2) dan KPN Sutera Surantih (harapan 3). Koperasi terdisplin, KPRI Bakti Husada Sijunjung (1), KPRI SMK 1 Pariaman (2), KPRI Bukik Posuak (3), KSPPS Karya Mandiri Dinkop Padang (harapan 1), KPRI Teknologi SMK2 Sawahlunto (harapan 2) dan KPRI SMP8 Padang (harapan 3).

PKP RI Sumbar juga memberikan reward kepada koperasi yang memberikan kontribusi aktif terhadap PKP RI Sumbar yang diraih oleh KPRI Dinas Kesehatan Payakumbuh (1), KPN Dias P dan K Limapuluh Kota (2) dan KPRI Saayun Salangkah Bukittinggi (3). (***)




Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved