arrow_upward

Alhamdulillah, Padang Terima Bantuan Rp170 Juta Lebih dari Jerman untuk Penanganan Sungai Batang Arau

Jumat, 18 Juni 2021 : 17.04

 


Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota Padang memperoleh bantuan dana segar 10 ribu Euro atau setara Rp170 juta dari Pemerintah Kota Hildesheim, Jerman.

Seperti diketahui, bantuan tersebut merupakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lower Saxony, Jerman yang diberikan kepada Pemerintah Kota Hildesheim untuk diserahkan kepada Pemko Padang. Tujuannya adalah untuk mendukung upaya peningkatan kualitas air Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

"Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kota Padang dan juga warga Kota Padang kita  berterima kasih dan menyambut baik pemberian bantuan ini. Bantuan ini sangat penting bagi kita yang tengah melakukan peningkatan kualitas air di Sungai Batang Arau," ungkap orang nomor satu di Kota Padang itu di kediaman resminya usai menerima bantuan tersebut secara virtual dari Walikota Hildesheim Mr. Ingo Meyer, Kamis malam (17/6/2021).

Hendri menerangkan, adapun bantuan dana 10 ribu Euro itu akan dimanfaatkan secara optimal untuk pengadaan sarana prasarana penunjang, serta mendukung kegiatan sosialisasi program peningkatan kualitas sungai Batang Arau ke tengah-tengah masyarakat.

Selain itu kata Hendri, juga untuk mendukung pelaksanaan survei terkait pemahaman limbah cair rumah tangga bagi masyarakat terhadap peningkatan pengelolaan limbah Sungai Batang Arau yang dilakukan. 

"Jadi dana 10 ribu Euro ini akan kita gunakan untuk membeli komputer dan perangkat pendukung untuk pemetaan dan menganalisis Sungai Batang Arau menggunakan 'Geographic Information System (GIS). Selanjutnya untuk pembelian drone, current meter, menggelar pameran foto, membuat video kreatif serta mengadakan beberapa pertemuan forum diskusi dengan pemangku kepentingan terkait.

"Kemudian dana itu juga bakal digunakan untuk melakukan survei, sosialisasi disertai pembelian rompi untuk tim dan baju peduli Sungai Batang Arau bagi warga di sekitar Sungai Batang Arau.

Hendri juga berharap dan mengajak semua warga Kota Padang untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai.

"Mari kita jaga kebersihan sungai. Karena sungai bukan tempat pembuangan sampah, jangan sampai ada diantara kita yang mencemari," tukasnya.

Wako pun membeberkan Pemko Padang saat ini telah kedatangan Ahli Hidrologi, Michell Rohmann dari GIZ-Jerman yang berperan sebagai “integrated expert” membantu program 'waste management of Batang Arau River' atau peningkatan manajemen pengelolaan limbah Sungai Batang Arau.

Diketahui saat ini kualitas air Sungai Batang Arau masih dalam kategori kelas empat. Diharapkan melalui sentuhan Michell Rohmann bisa naik ke level dua.

"Michell Rohman telah berada di Kota Padang sejak 28 Maret 2021 lalu, dan akan berada di Kota ‘Bingkuang’ selama lebih kurang dua tahun. Hal ini merupakan tindaklanjut dari bingkai kerja sama 'sister city' (kota kembar) yang telah terjalin antara Kota Padang dan Hildesheim, Jerman. Alhamdulillah, bantuan 10 ribu Euro yang kita terima dari Pemerintah Jerman kali ini adalah salah satu upaya yang dilihatkan dari seorang Mr. Michell Rohmann," beber wako.

Dalam kegiatan serah terima bantuan itu, juga hadir Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala DLH Padang Mairizon, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis dan Mr. Michell Rohmann.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved