arrow_upward

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Ingatkan Jaga Profesionalitas Pegawai

Rabu, 26 Mei 2021 : 10.56

 

Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama peserta Latsar CPNS di lingkungan Pemprov Sumbar. (adpimprov).

Padang, Analisakini.id-Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menegaskan PNS harus profesional dalam melaksanakan tugas dan jabatan sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat dan pemersatu bangsa.

"Melalui pelatihan ini, hal tersebut mesti ditanamkan dalam diri agar dalam melaksanakan tugas sebagai ASN sesuatu dengan yang diharapkan baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat," kata Wagub Audy Joinaldy saat membuka Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) 2021 golongan III angkatan XXII dan XXIII di lingkungan Pemprov Sumatera Barat di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Selasa (25/5/2021).

Audy menjelaskan Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi ini dapat dilihat dari kemampuan PNS dengan menunjukkan sikap prilaku Bela Negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI dan menguasai kompetensi Teknis sesuai bidangnya sesuai dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. 

"Apalagi arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke Indonesia. Disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi 4.0 yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation," terangnya.

Disebutkan, PNS merupakan aset negara yang perlu dikembangkan potensi dan kemampuannya. Untuk itulah diperlukan pelatihan dengan desain yang tepat bagi CPNS sebagai awal pembentukan karakter dan kompetensi sesuai tuntutan jabatan. 

"Menghadapi tantangan ini, saudara-saudara sudah dibekali ilmu baik secara teori maupun praktik aktualisasinya. Untuk itu kita perlu meningkatkan daya saing baik nasional maupun regional," kata Audy.

Melalui Pelatihan Dasar CPNS ini Wagub Sumbar inginkan peserta Latsar mampu melahirkan CPNS yang mengaktualisasikan dan menghabituasikan nilai-nilai dasar dalam pekerjaan sehari-hari sampai pensiun nantinya.

Sementara itu, Kepala BPSDM Sumbar Jefrinal Arifin menyampaikan tujuan dari Laksar ini untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter berperilaku bela negara, nilai- nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang peran dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Peserta yang mengikuti Pelatihan Dasar CPNS ini berjumlah 76 orang yang terdiri dari dua angkatan yang berasal dari Dinas Pendidikan Sumbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sumbar, RS. DR. Achmad Mochtar, RSJ. HB. Saanin Padang, RSUD M. Natsir Solok serta RSUD Pariaman.

Harapannya, setelah kembali ke tempat kerja masing-masing seluruh peserta pelatihan dasar  mampu mengimplementasikan kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan dasar ini dalam melakukan pelayanan publik dan mendorong percepatan terwujudnya visi misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang maju mandiri dan berdaya saing. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved