arrow_upward

Unand Gelar Wisuda II Virtual, Direktur Kepatuhan Bank Nagari Beberkan Kunci Sukses kepada Wisudawan

Saturday, 29 May 2021 : 21:59
Restu Wirawan mewakili Ketua Umum DPP. IKA Unand menerima alumni baru dari Rektor Unand Orof Yuliandri oada Wisudawan II Unand 2021, Sabtu 29/5-2021. (foto: dok)


Padang, Analisakini.id
- Direktur Kepatuhan Bank Nagari Restu Wirawan mewakili Ketua Umum DPP IKA Unand menerima 1.115 orang alumni pada Wisuda II secara virtual dari Rektor Unand Prof Yuliandri, Sabtu (29/5/2021) di Convention Hall Kampus Limau Manis.

Jumlah wisudawan sebanyak itu menjadi momentum bagi Restu Wirawan membuka rahasia mencapai karir yang sukses.

Restu Wirawan usai prosesi wisuda oleh Rektor Unand Prof Yuliandri menilai, kesuksesan sarjana yang baru lulus kuliah ada 8 rahasianya, yakni:


1. Ubah Mindset Anda

“Jika Anda sudah berniat mengejar karier yang dicita-citakan, maka Anda harus mengubah mindset. Yang tadinya hanya sosok yang bertopang dagu sambil menunggu uang jajan dari orang tua menjadi orang yang siap menghadapi segala risiko apapun yang terjadi nanti dan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, “ujar Restu.

Mengubah mindset kata Restu sangatlah harus karena akan membawa kita dari seseorang yang sifatnya kekanak-kanakan menjadi dewasa yang dipenuhi tanggung jawab.

“Atau lebih tepatnya Anda menjadi mandiri. Ini rahasia mencapai karier sukses yang paling mendasar,” ujarnya.


2. Memiliki Inisiatif Sendiri

Rahasia mencapai karier sukses selanjutnya adalah menjadi seseorang yang memiliki inisiatif.

“Inisiatif di sini maksudnya adalah berani memulai tanpa diminta atau paksaan dari orang lain. Perusahaan atau instansi biasanya sangat menyukai orang yang berinisiatif, ” ujarnya.

Seseorang yang memiliki inisiatif sendiri berarti mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Perusahaan membutuhkan orang yang seperti itu.


3. Tidak Sungkan Meminta Bantuan Jika Diperlukan

Rahasia mencapai karier sukses berikutnya adalah saat mengalami kesulitan, tidak sungkan bilang membutuhkan bantuan.

“Ketika Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan atau kantor, Anda pasti akan berhadapan dengan beberapa kesulitan yang biasa terjadi. Jangan biarkan rasa gengsi Anda merusak pekerjaan Anda. Bahkan kita bisa menggali ilmu dari teman yang sudah berpengalaman dalam mengatasi kesulitan yang sering dijumpai di setiap pekerjaan, “ujar Restu yang juga Ketua IKA Fakultas Teknologi Pertanian Unand ini.

Di tempat bekerja, kata Restu berusahalah untuk sebisa mungkin berkomunikasi dengan sesama karyawan.

“Bertegur sapalah karena mereka adalah keluarga Anda di kantor. Bahkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kantor dibandingkan di rumah, bukan?, “ujar Restu

Sarjana baru kata Restu Wirawan juga bisa saling bertukar pikiran mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini.

“Dengan begitu Anda pun akan mendapatkan wawasan dan solusi untuk menyelesaikan masalah, ” ujarnya.


4. Tidak Pernah Lupa untuk Selalu Mengevaluasi Diri

Evaluasi diri begitu dibutuhkan untuk melihat kemampuan dan kelemahan yang dimiliki.

“Ini rahasia mencapai karier sukses yang cukup krusial. Hal itu sangat bisa diterapkan ketika Anda berstatus karyawan di suatu perusahaan, Anda juga harus sering mengevaluasi diri Anda dalam bidang yang Anda tekuni,” ujar Restu.

Sarjana baru kata Restu bisa mengevaluasi diri di pekerjaanya dengan cara mencapai beberapa target yang harus dikejar sesuai dengan tenggat waktu.

“Jika target gagal dicapai, Anda bisa mempelajari apa yang salah kemudian memperbaikinya, ” ujar dia.

Evaluasi diri kata Restu adalah bahan pembelajaran terbaik. Sampai sarjana baru Unand sudah menjadi sosok yang sukses pun perlu terus melakukan evaluasi diri.

“Anda memang bukan makhluk yang sempurna, tapi Anda bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik jika terus belajar dari kesalahan yang telah terjadi,” ujarnya.


5. Jika Anda Mengalami Kegagalan Jangan Putus Asa

Hal yang biasa terjadi di pekerjaan adalah mengalami kegagalan. Misalnya, gagal dalam mencapai target.

“Jika hal itu terjadi, Anda jangan berputus asa seakan-akan dunia sudah berakhir. Seharusnya Anda tarik napas dulu sejenak, lalu mencoba mencari tahu kenapa target itu gagal dicapai. Lalu, Anda bisa memotivasi diri untuk memperbaiki kegagalan tersebut, ” ujarnya.

Ingat kata Restu Wirawan orang sukses pun dulunya sering mengalami kegagalan. Mereka berdiri untuk mencoba kembali, tanpa takut harus gagal berkali-kali.

“Ini rahasia mencapai karier sukses yang harus Anda tanamkan baik-baik di pikiran Anda,” ujarnya.


6. Keluarkan Ide yang Anda Miliki

Rahasia mencapai karier sukses yang lain adalah ketika memiliki ide, maka sampaikan ide tersebut pada atasan.

“Apalagi pada saat rapat dilakukan, biasanya membutuhkan banyak ide yang berasal dari karyawan kerja. Di sini Anda bisa menunjukkan eksistensi diri. Karema dengan mengeluarkan ide yang sesuai kebutuhan perusahaan, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Perusahaan menyukai karyawan yang aktif. Selain mendapatkan pengakuan dari perusahaan, ide Anda bisa menjadi alasan perusahaan Anda menjadi maju di masa depan, “ujar Restu.


7. Menetapkan Tujuan Anda

Rahasia mencapai karier sukses yang tidak kalah penting selanjutnya adalah menetapkan tujuan. Selama ini bekerja untuk apa? Jika hanya mengejar materi saja, maka  dipastikan tidak akan begitu enjoy dalam menuntaskan pekerjaan.

“Lain ceritanya jika tujuan Anda bekerja adalah untuk kebebasan finansial di masa nanti, serta menjadikan pekerjaan sebagai hobi. Dapat dipastikan Anda akan lama berada di perusahaan tersebut, ” ujarnya.

Jika dalam bekerja tidak memiliki tujuan, pekerja akan melakukan rutinitas yang sama setiap harinya dan akan terasa lebih monoton.

“Anda pun akan merasa cepat bosan dengan pekerjaan Anda, ” ujarnya.


8. Mendapat Kepercayaan Atasan

Mendapat kepercayaan dari atasan adalah hal yang diinginkan setiap karyawan.

“Apalagi kepercayaan itu akan membawa Anda ke posisi yang Anda inginkan. Misalnya, ingin memperoleh jabatan yang lebih tinggi sangat mudah didapatkan jika atasan mempercayai Anda, ” ujar Restu.

Namun, hal itu bukanlah hal yang benar-benar mudah. Kata Restu pekerja harus membuktikan bahwa mememang pantas dipromosikan dan diberi kepercayaan dengan prestasi kerja.

“Itulah rahasia mencapai karier sukses untuk Anda. Anda bisa mempraktikkannya sesuai dengan kata hati di kehidupan Anda sehari-hari. Sukses itu dimulai dari diri Anda sendiri,” ujarnya. (***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved