arrow_upward

Rumah Ukuran 3x4 Meter Miliknya akan Dibedah Pemko Padang, Gustina: Ini Seperti Mimpi

Kamis, 06 Mei 2021 : 10.36



Padang, Analisakini.id-
Sore itu cuaca sedikit mendung, namun berkebalikan dengan suasana hati Riko Saputra (29) dan istrinya Gustina (29), yang tengah berbahagia dikunjungi Walikota Padang Hendri Septa beserta jajarannya.

Warga sekitar tak kalah antusias untuk bertemu orang nomor satu di kota Padang itu. Mereka beramai-ramai ikut menyaksikan kedatangan Wako ke rumah Riko dan Gustina, yang terpilih sebagai satu di antara delapan keluarga yang akan menerima bantuan bedah rumah dari Pemko Padang.

Seperti diketahui, keluarga yang menjadi sasaran bedah rumah, sebelumnya akan dijemput ke rumahnya dan diajak bermalam oleh Walikota Padang di kediaman resminya (Palanta Kota Padang) melalui program Semalam di Palanta (Semata).

Keluarga Riko dan Gustina merupakan keluarga keenam yang terpilih mengikuti program Semata. Rabu (5/5/2021) tibalah giliran mereka dikunjungi dan dijemput langsung oleh Wako Hendri Septa.

Wako datang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kadinsos Afriadi, Kepala BKPSDM Arfian, Kabag Umum Bobby Firman, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis, Camat Koto Tangah Junie Nursyamza dan Lurah Pasia Nan Tigo.

Sebuah rumah sangat sederhana, berdinding triplek terpampang di hadapan pemimpin kota Padang itu. Hanya satu ruangan saja tanpa sekat, berukuran 3 x 4 meter persegi. Di ruangan seadanya itulah keluarga Riko dan Gustina beserta dua orang anak mereka Natasha (7) dan Anindhi (5) melakukan aktivitas sehari-hari.

Menurut penuturan Gustina, ia telah tinggal di tempat itu sejak tahun 2012 ketika baru menikah dengan Riko. Pada tahun 2020 ia pernah mengajukan permohonan bedah rumah melalui RW setempat, namun harapannya belum kunjung menjadi kenyataan. 

“Sebab itu hari ini seperti mimpi, Pak Wali datang kesini untuk memberikan bantuan bedah rumah kepada kami. Alhamdulillah, ini seperti menjadi jawaban dari doa kami selama ini,” tuturnya polos.

Gustina sangat menyadari, dengan pekerjaannya sebagai ibu rumah tangga dan suaminya yang seorang sopir dengan penghasilan pas-pasan akan sangat sulit bagi dirinya mewujudkan tempat tinggal yang layak bagi keluarganya. 

“Bisa punya tempat berteduh dari panas dan hujan saja sudah cukup, sekalipun tidur disini, memasak juga disini (di ruangan yang sama, red) yang penting bisa makan sehari-hari dan anak-anak bisa sekolah,” ucapnya lagi.

Penuturannya tak ayal membuat sang Walikota terenyuh. Tidak berapa lama setelah meninjau kediaman Riko dan Gustina, Wako langsung mengajak keluarga tersebut bersiap dan menaiki kendaraan yang telah disiapkan untuk menjemput dan mengantarkan mereka ke Palanta Kota Padang.

Sesampainya di Palanta, Ny. Genny Hendri Septa menyambut hangat kedatangan mereka dan mengajak berkeliling sambil menjelaskan beberapa ruang dan fasilitas yang ada di Palanta.

“Sungguh kami tidak menyangka bisa berkunjung dan bermalam di rumah Pak Wali ini. Terima kasih kepada Pak Wali dan ibu. Semoga Pak Wali dan ibu diberikan kesehatan dan panjang umur oleh Allah SWT,” tuturnya dengan mata berbinar.

Sementara itu Wako Hendri Septa mengatakan, ini adalah kunjungan Semata yang keenam kalinya di bulan Ramadhan 1442 H. Semoga setiap keluarga yang terpilih mengikuti program Semata ini dapat menikmati bermalam di rumah yang sejatinya adalah milik mereka juga. Karena mereka adalah bagian dari warga kota Padang yang harus dilayani dengan baik,” pungkas Wako dengan senyum khasnya. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved