arrow_upward

Permintaan Meningkat, Harga Kelapa Sawit Terus Menguat

Thursday, 20 May 2021 : 19:38

 



Edrizal.

Pasaman Barat, Analisakini.id - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terus menguat pada bulan Mei 2021. Penguatan harga TBS tersebut terjadi pada semua umur tanaman.

Kepala Dinas Perkebunan Pasaman Barat, Ir. Edrizal. M. Si mengatakan penguatan harga TBS kelapa sawit tersebut terjadi seiring dengan tingginya permintaan dan naiknya harga Crude Palm Oil (CPO) dan kernel tingkat dunia. 

"Kenaikan TBS ini sangat erat dipengaruhi oleh harga CPO dan kernel di tingkat dunia. Karenal, acuan TBS itu harga CPO dan kernel yang diekspor," kata Edrizal, Rabu (19/5/2021).

Menurut Edrizal, banyak negara di belahan dunia sekarang yang mengimpor CPO dari Indonesia, salah satu diantaranya negara China. Tingginya permintaan CPO dari sejumlah negara tersebut berdampak pada naiknya harga TBS kelapa sawit produksi pekebun.

Dan tingginya harga TBS ini juga dipicu karena terbatasnya produksi CPO dari Malaysia dan India serta adanya pemanfaatan CPO untuk Biodisel dalam negeri.

"Memang di beberapa belahan dunia khususnya China permintaan terhadap CPO meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi negara mereka, sehingga berdampak pada harga CPO dan kernel, karena acuan TBS itu harga CPO dan kernel yang diekspor," ujarnya lagi.

Karena itu tambah Edrizal, pemerintah daerah akan terus mendorong peningkatan produktifitas kebun kelapa sawit melalui penggunaan benih tanaman yang unggul dan bersertifikat melalui berbagai program.

"Kemudian juga mendorong percepatan replanting mumpung ada program replanting kelapa sawit sekarang ini. Sehingga, dengan replanting ini juga bisa meningkatkan produktivitas kebun sawit ini dengan tanaman-tanaman yang unggul. Nah, ke depan tentu upaya-upaya peningkatan luas kebun juga harus kita arahkan lebih seksama, termasuk juga mendorong kewajiban pihak perusahaan untuk membangun kebun masyarakat dan ini harus menjadi perhatian serius," sebutnya.

Dia juga berharap, agar para petani kelapa sawit di Pasaman Barat ini bisa bekerja sama dengan pihak pabrik kelapa sawit melalui program Kelompok Tani/Koperasi. Agar, harga tbs yang diharapkan masyarakat itu sesuai dengan yang ditetapkan bersama.

"Harga penetapan itu, terealisasi oleh PKS apabila melalui wadah yang jelas, seperti Koperasi," terangnya.

Sebagai pertimbangan, harga TBS sesuai penetapan harga TBS Sumatera Barat (Sumbar) Priode 16 sampai dengan 31 Mei 2021 Rp 2420, 98/Kg. (bis)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved