arrow_upward

Harga Sawit Naik, Petani Bahagia

Tuesday, 18 May 2021 : 22:46


Pasaman Barat, Analisakini.id-Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kabupaten Pasaman Barat bagian Utara, terus mengalami kenaikan. Kondisi itu menggairahkan petani setempat untuk meningkatkan produksi. 

"Kenaikan harga itu sejak awal tahun 2021 lalu," kata Maryus yang juga mempunyai kebun kelapa sawit.

Ia menuturkan bahwa, kenaikan harga TBS saat ini sangat membantu masyarakat khususnya pemilik kebun kelapa sawit karena harga terus naik, paling sesekali turun dan itupun tidak jauh. Harga TBS kelapa sawit di tingkat tengkulak Rp 1.950 - 2.020 per kg.

"Informasinya, harga kaca di Pabrik Kelapa Sawit (PKS), harga TBS mencapai Rp2.200/Kg," jelasnya.

Tingginya harga TBS tersebut, membuat petani perkebunan kelapa sawit mulai bersemangat meningkatkan produksi. "Petani sekarang ini mulai bersemangat lagi tingkatkan produksi dengan merawat dan memberi pupuk untuk kelapa sawitnya, karena harga terus naik," ungkapnya.

Demi meningkatkan produksi, dia rela membeli pupuk dengan penghamparan 7 karung netto 50 kilo gram dalam satu hektar. Hal ini dilakukan, agar buah kelapa sawit miliknya semakin baik dan menambah produktifitas perkembangan buah yang berkualitas tinggi.

Lahan perkebunan kelapa sawit miliknya sekitar 3 hektar lebih yang berproduksi. Dalam satu kali panen, dia sebutkan, mampu menghasilan 4 - 6 ton apabila kualitas buah membaik.

Apalagi sekarang ini sedang memasuki musim hujan. Petani lainnya bernama Arni juga merasa senang atas kenaikan harga TBS kelapa sawit saat ini. Kebun miliknya yang luasnya sekira 2 hektar itu mampu berproduksi 3 hingga 3,5 ton sekali panen, itupun karena musim trek buah.

"Memang diakui, harga TBS tinggi, namun kondisi TBS sedang trek (penyusutan). Tapi, kita bersyukur karena harga sangat baik," pungkasnya.

Kenaikan harga TBS ini sangat menggembirakan petani kelapa sawit di Pasaman Barat, walaupun kondisi dalam kondisi pandemi Covid-19. "Kita petani ini sangat terbantu dengan naiknya harga kelapa sawit di pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Setelah dikonfirmasi salah satu pimpinan Pabrik Kelapa Sawit di Pasbar, Vorys (Manager PKS PT. BTN Air Runding) membenarkan tentang harga TBS di Pabrik mengalami kenaikan menjadi Rp 2.265 per 19 Mei 2021. 

"Mudah-mudahan, harga ini terus membaik demi kesejahteraan masyarakat. Namun, jangan lalai dalam perawatan sawit dan panenlah sesuai dengan permintaan pabrik," harapnya. (bis)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved