arrow_upward

Awas Hoaks, Satgas Tegaskan Vaksin Covid-19 Tidak Mengandung Magnet

Jumat, 28 Mei 2021 : 17.55

 

Wiku Adisasmito 

Jakarta, Analisakini.id-Juru Bicara Pemerintah untuk Program Vaksinasi Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa isu vaksin Covid-19 mengandung magnet adalah tidak benar alias hoaks.

"Terkait vaksin covid-19 yang mengandung magnet, perlu diketahui bahwa vaksin tidak mengandung magnet," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Jumat (28/5/2021).

Wiku menjelaskan, koin yang ditempelkan di lengan seorang pria dalam video yang viral di media sosial tersebut diduga menempel karena kulitnya berkeringat, bukan akibat daya tarik magnet dalam vaksin Covid-19.

"Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat alami dan gaya gesek lainnya sehingga menimbulkan gaya magnet," ucapnya.

Wiku kemudian meminta pada masayrakat untuk tidak menyebarkan atau memproduksi hoaks yang meresahkan publik dan mengganggu program vaksinasi Covid-19 pemerintah.

"Kesalahan kita dalam menyebarkan informasi yang belum dapat diverifikasi sama saja dengan menyebar berita bohong atau hoaks," tegasnya.

Wiku juga meminta masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan pandemi dan vaksinasi Covid-19 melalui kanal resmi pemerintah maupun dari media massa yang terverifikasi.

Sebelumnya, sebuah video singkat beredar di WhatsApp memperlihatkan sebuah uang koin pecahan seribu rupiah tertempel di lengan seseorang yang baru disuntik vaksin Covid-19.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved